Wali Kota Bontang Launching Kampung Tangguh Nusantara

Neni : Dinilai Representatif

DETAKKaltim.Com, BONTANG : Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni me-launching Kampung Tangguh Nusantara di 2 lokasi yang sudah ditetapkan, yakni Nyerakat Kiri Kelurahan Bontang Lestari, dan RT 49 Kelurahan Berebas Tengah. Dua lokasi tersebut dinilai sudah memenuhi syarat Kampung Tangguh Nusantara di antaranya terdapat 3 devisi di wilayah tersebut.

Dalam sambutannya, Wali Kota mengatakan, saat ini hampir semua wilayah di Indonesia mengalami musibah Pandemi Covid-19. Wabah tersebut menimbulkan permasalahan yang berdampak pada sosial dan ekonomi, seperti penurunan daya beli masyarakat, dirumahkannya para pekerja/buruh pabrik, dampak psikologis pada individu akibat karantina mandiri, dan stigma negatif terhadap individu atau keluarga yang positif Covid-19.

Oleh karenanya, Presiden RI bersama Kapolri dan Panglima TNI menginstruksikan setiap wilayah untuk membangun Kampung Tangguh Nusantara untuk mendukung ketersediaan pangan dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Dalam Kampung Tangguh Nusantara terdapat 3 devisi yakni ketahanan pangan, kesehatan, dan keamanan, meliputi pertanian, perkebunan dan peternakan.

“Di Bontang terdapat 2 lokasi yang ditetapkan sebagi Kampung Tangguh Nusantara, di antaranya Nyerakat Kiri Bontang Lestari yang hari ini di-launching, dan RT 49 Kelurahan Berebas Tengah. Kedua lokasi dinilai representatif untuk dijadikan Kampung Tangguh Nusantara,” kata Neni, di Nyerakat Kiri, Kamis (28/8/2020).

Tujuan diluncurkannya Kampung Tangguh Nusantara ini agar kampung tersebut menjadi tangguh, kuat, dan dapat menyelesaikan permasalahan, sekaligus mendorong masyarakat lebih taat dan tertib dalam menjalani protokol kesehatan Covid-19.

Baca juga : Wali Kota Bontang Bagikan BST Penyandang Disabilitas dan Piveri

“Bunda berharap semua kelurahan memiliki wilayah Kampung Tangguh Nusantara, agar masyarakat Bontang menjadi tangguh dalam menghadapi Pandemi Covid-19 ini, dan Bontang bisa mengatasi sendiri permasalahan atau problem solving, serta dapat menjaga kestabilan ketahanan pangan secara mandiri,” harapnya.

Launching Kampung Tangguh Nusantara di Nyerakat Kiri Bontang Lestari dihadiri Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase, Kapolres Bontang, Perwakilan Kodim 0908/Btg, Waka Polres Bontang, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian, Plt Camat, Lurah Bonles, dan Lurah Berebas Tengah. (DK.Com)

Penulis : Cinhue

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.