Kunjungi KPU Balikpapan, Komisi 1 DPRD Kukar Timba Ilmu

Ada Kekhawatiran Pelaksanaan Pilkada Saat Pandemi Covid-19

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara melaksanakan kunjungan kerja ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan terkait pelaksanaan Pilkada pada masa pandemi Covid-19, Jum’at (14/8/2020).

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Abdul Zais mengatakan, ada kekhawatiran pelaksanaan Pilkada serentak yang dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia, dengan masih maraknya Covid-19 saat ini. Apakah mekanisme yang dilakukan dengan kondisi seperti ini bisa terlaksana dengan baik, termasuk bagaimana pemilih yang ada di DPT bisa hadir ke TPS memilih.

“Bagaimana tatanan-tananan yang dilakukan supaya yang mempunyai DPT untuk memilih itu antusias datang, sehingga pesta demokrasi bisa berjalan,” kata Zais.

Menurutnya, kalau ini bisa  berjalan dengan baik di 10 kabupaten/kota Kaltim secara otomatis mengangkat nama baik Kalimantan Timur.

Terkait kedatangannya ke KPU Balikpapan, sebagai Wakil Ketua Komisi 1 yang membidangi Pilkada ia mengatakan ingin menimba ilmu untuk disatukan dengan apa yang ada di KPU Kutai Kartanegara.

Berita terkait : Anggota DPRD Balikpapan Ingatkan Warga Protokol Kesehatan

Secara teknis, Zais menyampaikan ada berbagai hal yang diperoleh dari kunjungan ini. Misalnya bagaimana di satu kelurahan bisa sampai 70 hingga 100 TPS, lalu untuk mensukseskan Pilkada setiap saat mensosialisasi kepada masyarakat untuk mendorong datang ke TPS.

Dari kunjungan ini juga, Zais mengaku mendapat masukan terkait dana hibah yang diperoleh KPU Kutai Kartanegara yang selama ini tidak pernah dipertanyakan, selanjutnya akan dipertanyakan. Karena sejauh ini tidak pernah menanyakan hal itu termasuk besarannya.

“Selama ini kami kira aman-aman saja, namun dengan adanya masukan ini kami wajib menanyakan itu,” tandasnya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.