BREAKINGNEWS! Penumpang KM Adithya Tujuan Pare-Pare Lompat ke Laut

Tim SAR Bergerak Lakukan Pencarian

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas A Balikpapan Melkianus Kotta melalui Kasie Ops dan Siaga Octavianto, menyampaikan telah menerima laporan kecelakaan air di Perairan Selat Makassar, Sabtu (15/8/2020) Pukul 15:00 Wita.

Melansir informasi yang diterimanya dari Jusnawati, keluarga korban yang menyebutkan korban atas nama Ardianto (21) beralamat di Mess Perusahaan Shabantara Rawi Sentosa, Jalan Poros Simpang Batu Ampar, Desa Juk Kayak, Kecamatan Telen, Kutai Timur.

Dalam laporannya berdasarkan kesaksian Raja (60) disampaikan, pada hari Kamis (13/8/2020) Pukul 15:15 Wita, Kapal KM Adithya berangkat dari Pelabuhan Komura Samarinda dengan tujuan Pelabuhan Nusantara Pare-Pare.

Di hari yang sama Pukul 21:50 Wita Nakhoda mendapat laporan dari seorang crew bahwa adanya penumpang yang melompat ke laut, Nakhoda langsung membunyikan isyarat orang jatuh ke laut, dan mengirimkan berita ke kapal-kapal sekitar mengenai adanya orang jatuh ke laut, serta memberikan informasi kepada Kepala Kamar Mesin (KMM) segera mempersiapkan kamar mesin untuk olah gerak.

Semua crew stand by sesuai dengan tugas masing-masing, kemudian Nakhoda melakukan olah gerak pencarian kapal berputar 3 kali di sekitar posisi kejadian, namun penumpang yang melompat tidak ditemukan.

“Pada jam 00:06 LT setelah dilakukan pencarian selama 2 jam 16 menit, dengan mempertimbangkan semua persediaan kapal serta ketepatan waktu tiba di tujuan, Nakhoda, KMM, serta Perwira berunding dan memutuskan untuk melakukan pelayaran,” jelas Octavianto melansir informasi yang diterimanya.

Baca juga : Kunjungi KPU Balikpapan, Komisi 1 DPRD Kukar Timba Ilmu

Pada Jam 00.10 LT (14/08/2020), lanjut Octavianto, Nakhoda melaporkan kejadian ke Radio Pantai Samarinda dan Balikpapan melalui SSB namun tidak ada jawaban.

Menindak lanjuti laporan tersebut, Sabtu (15/8/2020) Pukul 15.20 Wita Tim Rescue berjumlah 16 orang bergerak menuju ke lokasi kejadian menggunakan KN Wisanggeni dari Dermaga Somber Balikpapan, dengan melibatkan unsur dari Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Relawan, dan keluarga korban. (DK.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.