Anggota DRPD Kukar Sambangi KPU Balikpapan

Cari Masukan Hadapi Pilkada Masa Pandemi Covi-19

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan mendapat kunjungan kali pertamanya dari DPRD Kutai Kartanegara (Kukar), Jum’at (14/8/2020).

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha menjelaskan, terkait kunjungan kerja DPRD Kukar itu untuk mengetahui bagaimana strategi mengantisipasi situasi pandemi Covid menghadapi Pilkada Balikpapan 2020.

“Seperti apa persiapannya, kemudian bagaimana mengantisipasi jika turunnya partisipasi di situasi pandemi ini. Bagaimana mengatisipasi adanya calon tunggal, seperti apa regulasinya dan adanya warga pendatang,” jelas Noor Thoha.

Hal inilah yang disampaikan DPRD Kukar, kata Thoha lebih lanjut, meskipun tipikal geografisnya sangat berbeda. Namun karena adanya suatu kemiripan antara DPT dan TPSnya.

Disampaikan Thoha, untuk mendongkrak partisipasi pemilih tidak ada satupun strategi sosialisasi yang bisa menandingi KPU dengan membentuk 1.500 petugas, yang tugasnya harus mendatangi dari rumah ke rumah. Pertama menyampaikan akan ada Pilkada di 9 Desember, kemudian mendata untuk mendaftar seluruh warga agar dapat memilih.

Baca juga : Gelar Raker Legal Drafting, Ketua KPU Balikpapan Singgung Lembaga Pemantau

“Buktinya apa? petugas KPU memasang stiker yang ada di rumah-rumah. Di setiap rumah sudah dipasangkan stiker,” jelasnya.

Thoha juga menyampaikan, walaupun petugas KPU sudah jungkir balik melakukan sosialisasi dari rumah ke rumah, lewat media online dan sosialisasi lewat pembentukan relawan demokrasi, jika calon yang dihadirkan oleh partai politik tidak menarik buat masyarakat, menjadi bertepuk sebelah tangan.

“Hadirkan calon yang bisa memikat si pemilih supaya menjadi daya tarik, itu tugas partai politik,” tegas Thoha. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.