Panitia Qurban Masjid Agung Sembelih 41 Ekor Hewan Qurban

H Syafruddin : Tiap Tahun Alami Peningkatan

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Kepercayaan masyarakat Samarinda untuk menyerahkan hewan Qurban melalui Masjid Agung Pelita Samarinda dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Meski pandemi Corona masih terjadi, namun antusias ummat muslim untuk menjalankan ibadah Qurban cukup tinggi.

Pada momen Hari Raya Idul Adha 2020 tahun ini, Panitia Qurban Masjid Agung Pelita Samarinda yang terletak di Jalan Pelita Samarinda itu menyembelih 41 ekor hewan Qurban, dengan rincian 28 ekor Sapi dan 13 ekor Kambing.

Ketua Masjid Agung Pelita Samarinda H Syafruddin AH mengatakan, untuk tahun ini hewan Qurban yang dipotong di Masjid tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Jika tahun lalu pihaknya hanya menyembelih 40 ekor hewan Qurban, namun tahun ini pihaknya menerima hewan Qurban dari masyarakat sebanyak 41 ekor. Tidak hanya itu, Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang dan Wagub Kaltim Hadi Muliyadi juga ada di daftar penyumbang hewan Qurban tersebut.

“Ada peningkatan dibanding tahun lalu, tahun lalu kita hanya menyembelih 26 ekor Sapi dan 14 ekor Kambing. Namun tahun ini kita menyembelih 41 ekor dengan rincian 28 ekor Sapi dan Kambing 13 ekor,” ujar Syafruddin di sela-sela pemotongan, Sabtu (1/8/2020).

Untuk proses pendistribusiannya pihak Masjid langsung menyerahkan ke masing-masing RT, yang selanjutnya nanti akan diantarkan ke rumah-rumah warga. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi antrian panjang seperti tahun-tahun sebelumnya, apalagi saat ini wabah Corona di Samarinda jumlah yang terpapar terus meningkat.

“Nanti kita serahkan ke masing-masing RT, dan pihak RT yang akan mendistribusikan langsung ke warga. Untuk kupon kita hanya membagikan ke panitia saja, sekitar 100 panitia,” jelasnya.

Baca juga : IKSR Kaltim Potong Qurban, Sumbangan Pembina KKSS Rudy Mas’ud

Proses penyembelihan Sapi dan Kambing di Masjid ini terbilang cukup rapi, mengambil lokasi di samping masjid dan menyiapkan beberapa lubang permanen yang khusus menampung darah hewan Qurban. Tak heran meski hewan yang dipotong cukup banyak namun proses pelaksanaannya cukup efisien, karena pihaknya juga menyiapkan Gergaji Mesin untuk memudahkan pemotongan kaki Sapi Qurban.

Mewakili Pengurus Masjid Agung Pelita Samarinda, pihaknya berterima kasih atas kepercayaan warga yang menyerahkan hewan Qurban melalui Masjid Pelita Samarinda.

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada masyarakat yang menyerahkan hewan Qurban ke Masjid Pelita Samarinda, kami pastikan daging Qurban ini akan diserahkan kepada mereka yang berhak,” pungkasnya. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.