Sehari Jelang Idul Adha 200 Tempat Ibadah Disterilkan

Kapolresta Samarinda : Covid-19 Ini Tidak Boleh Dianggap Remeh

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sebanyak 200 tempat ibadah ummat muslim yakni Masjid, Langgar dan Musholla, disemprot menggunakan cairan disinfektan secara serentak, Kamis (30/7/2020).

Penyemprotan tersebut bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Samarinda, yang dilakukan oleh ratusan Relawan Gabungan Kota Samarinda dibantu TNI Polri beserta intansi lainya.

Sebelum melakukan penyemprotan, terlebih dahulu diawali dengan giat apel siaga yang dilakukan di halaman Islamic Center Samarinda. Usai melaksanakan apel, semua relawan dan petugas kemudian menyebar di 200 titik yang sudah ditentukan.

Menurut Ketua Relawan Info Taruna Samarinda Joko Siswanto, sebenarnya kegiatan penyemprotan serentak ini bukanlah yang pertama, namun memang tempat dan target penyemprotan tidak selalu sama, terlebih besok ummat muslim akan menjalankan Sholat Ied, karena besok adalah Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah.

“Penyemprotan serentak ini tahap Kedua, dan memang kami khususkan untuk semua tempat Masjid maupun Langgar. Bahkan Musholla yang sudah terdata dan mendapat izin kita semprot, agar tiba pada saat besok tempat yang digunakan untuk sholat menjadi steril,” jelas Jokis, sapaan akrabnya kepada DETAKKaltim.Com usai apel.

Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arief Budiman yang memimpin langsung apel siaga menyebutkan, sedikitnya ada 500 personil gabungan yang diturunkan untuk melaksanakan kegiatan penyemprotan serentak ini.

“Penyemprotan ini kita lakukan secara merata, termasuk Masjid yang tidak menyelengarakan Sholat Ied besok, karena Covid-19 ini tidak boleh dianggap remeh. Kita harus mlaksanakan protokol kesehatan dan meningkatkan kebersihan,” ujar Kombes Pol Arif.

Baca juga : Lagi, 15 Petugas Kesehatan RSUD AWS Terpapar Covid-19

Dengan adanya penyemprotan secara serentak di 200 titik ini, diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19, serta membuat rasa aman dan nyaman bagi ummat muslim yang hendak menjalankan Sholat Ied besok.

Kapolresta Samarinda menghimbau agar masyarakat tetap mejalankan protokol kesehatan, salah satunya tetap mengenakan masker. (DK.Com).

Penulis : Mashardiansyah

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.