Pemkot Salurkan Bantuan Beras Kepada 3 Kecamatan Terdampak Banjir

Barkati : Inilah Bentuk Perhatian Pemerintah Kepada Masyarakat

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pemerintah Kota Samarinda melalui Dinas Ketahanan Pangan menyalurkan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk warga Samarinda yang terdampak banjir beberapa waktu lalu.

Bantuan pasca banjir berupa Beras ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Wali Kota Samarinda Barkati yang didampingi Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Moh Saleh, kepada sejumlah Camat di Jalan Dr Soetomo, Kantor Kelurahan Sidodadi, Kamis (30/7/2020).

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Samarinda Moh Saleh mengatakan, bantuan yang disalurkan ini sesuai dengan amanah UU Nomor 18/2012 dan Pergub Kaltim no 32/2017 mengenai tanggungjawab dan Peran Pemerintah Daerah dalam menyiapkan dan mengatasi permasalahan pangan, dengan menyiapkan cadangan pangan dari APBD Provinsi maupun kabupaten/kota.

“Sesuai UU Nomor 18/2012 tentang pangan, RT dan Lurah maupun Camat mengusulkan ke kami, kemudian data yang kami terima kami sandingkan dengan data Dinas Sosial. Setelah itu kita rapatkan dengan Dewan Ketahanan Pangan Provinsi, baru kita ketahui jumlah total yang akan kita bantu melalui program CPP provinsi maupun kabupaten/kota,” ujar Moh Saleh.

Lebih lanjut ia mengatakan, bantuan yang akan disalurkan ini kurang lebih 56 Ton Beras untuk 3 kecamatan yang terdampak banjir. 3 kecamatan yang mendapatkan bantuan tersebut yakni Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ulu, dan Samarinda Utara.

Ia menghimbau masyarakat agar tidak salah persepsi terkait bantuan tersebut, karena bantuan yang di berikan ini bukan bantuan Raskin atau Pkh.

“Untuk masyarakat kami informasikan, ini bukan Raskin atau Pkh. Jangan sampai salah asumsi, tapi ini bantuan pasca banjir, hanya untuk korban banjir, kalau untuk yang rentan pangan juga nanti ada,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Samarinda M Barkati mengatakan, bantuan yang diberikan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk masyarakat yang menjadi korban banjir beberapa waktu lalu.

Baca juga : Pekan Depan Samarinda Akan Memiliki Mobil PCR

Iapun berharap bantuan yang diberikan benar-benar disalurkan kepada mereka yang berhak mendapatkannya.

“Hari ini kita membagikan Beras Ketahanan Pangan dari Dinas Ketahanan Pangan Kota Samarinda yang dibantu oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Timur, inilah bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat yang terdampak banjir dan Covid, penerima bantuan ini sudah sesuai klasifikasi dan mudah-mudahan disalurakan kepada mereka yang berhak,” ujar M Barkati kepada DETAKKaltim. Com usai menyerahkan bantuan secara simbolis.

Selain bantuan pasca banjir, Pemkot juga menyalurkan bantuan lebih kurang 7 Ton Beras untuk masyarakat yang terdampak Covid-19. Dengan begitu jumlah bantuan yang disalurkan sekitar 64 Ton Beras. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman              

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.