Masjid Raya Darussalam Samarinda Akan Gelar Shalat Ied

H Arnani : Akan Kita Persingkat

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Masjid Darussalam atau biasa dikenal Masjid Raya Samarinda yang terletak tak jauh dari Pasar Pagi, Jum’at besok tetap akan melaksanakan Sholat Ied Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah.

Hal itu di sampaikan Ketua Yayasan Darussalam H Arnani yang ditemui DETAKKaltim.Com di Kantor Sekretariat yang berada di area Masjid Raya. Ia mengatakan bahwa pihak pengurus Masjid telah memperisapkan segala hal, salah satunya dengan tetap menjaga kebersihan dan juga penyemprotan disinfektaan agar tempat yang akan dipakai besok tetap steril.

“Sesuai dengan anjuran dan petunjuk kesehatan, insya Allah sholatnyapun akan kita persingkat. Baik itu sholatnya maupun khotbahnya akan kita persingkat sehingga tidak terlalu lama,” jelas H Arnani, Kamis (30/7/2020).

Penyingkatan pelaksanaan Shalat Ied dilakukan pihak pengurus Masjid bukan tanpa alasan, itu menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama dalam mengantisipasi penularan Covid-19 yang akan tambah cepat apa bila di ruangan tertutup, khususnya di dalam Masjid saat melaksanakan Sholat Ied.

“Nantinya juga para jama’ah akan diberi jarak sesuai tanda yang akan kita berikan di dalam Masjid, dan jama’ahpun wajib memakai masker. Dan sebelum masuk akan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, dan itu wajib diikuti jama’ah. Kalau tidak, kami tidak izinkan untuk masuk,” tambah Arnani.

Ia juga mengakatan pelaksanaan Shalat Ied tahun ini sangatlah berbeda dari tahun sebelumnya, dimana tahun sebelumnya akan mempersilahkan semua jama’ah hadir. Namun kali ini jumlah jama’ahpun akan dibatasi sesuai kapasitas yang saat ini berkurang, lantaran ada jarak antara jama’ah lain.

“Kita akan tempatkan petugas di beberapa sisi, ketika kami melihat semua terisi dan penuh, maka kami tidak dapat mengizinkan para jama’ah lain untuk masuk,” kata Arnani lebih lanjut.

Baca juga : Hari Raya Idul Adha, Ketua MUI Samarinda Himbau Sholat di Rumah

Selain pelaksanaan Sholat Ied, di Masjid Raya ini juga tetap akan melaksanakan pemotongan hewan Qurban. Namun hanya saja berbeda dari tahun sebelumnya, pemotongan akan dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) yang terletak di jalan Poros Samarinda – Bontang.

Selain itu, pembagian daging Qurban juga dilakukan berbeda. Pada tahun ini pihak Masjid akan berkoordinasi dengan pihak lurah serta RT untuk melakukan pembagian langsung ke rumah warga, hal itu diambil guna menghindari adanya keramaian yang terjadi seperti pada tahun sebelumnya. (DK.Com)

Penulis : Mashardiansyah.

Editor : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.