Marak, Anggota DPRD Balikpapan Sorot Anak Jalanan dan Pengamen

Parlindungan : Perlu Dilakukan Penertiban oleh Petugas Satpol PP

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Parlindungan Sihotang menyoroti mulai maraknya anak jalanan mengamen, dan berjualan di tempat terlarang seperti lampu merah dan tempat-tempat keramaian akhir-akhir ini.

“Akhir-akhir ini ada fenomena peningkatan anak-anak jalanan yang mengamen dan berjualan di beberapa titik seperti di lampu merah,” kata Parlidungan menyoroti kondisi itu, Kamis (30/7/2020)

Parlindungan Sihotang yang duduk di Komisi IV membidangi Pendidikan, Kesehatan, dan Kesejahteraan Masyarakat meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Sosial Kota Balikpapan melakukan penertiban sebelum jumlahnya semakin bertambah, karena ia menilai hal itu bisa menimbulkan berbagai persoalan dengan resiko berbeda-beda.

“Perlu dilakukan penertiban oleh petugas Satpol PP dan Dinas Sosial setempat agar jumlahnya tidak semakin bertambah meningkat. Karena hal-hal yang demikian bisa menimbulkan resiko yang berbeda beda,” jelasnya.

Parlindungan Sihotang juga mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya penertiban anak jalanan dan pengamen sudah pernah dilakukan, bahkan sudah ada Perda yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Balikpapan.

Baca juga : Anggota DPRD Balikpapan Kritisi Raperda Inisiatif Wali Kota

Anak-anak jalanan dan pengamen ini sepertinya sudah mengetahui jam-jam yang dianggap aman dari pengawasan petugas di lapangan, kata Parlindungan, akibatnya menimbulkan keresahan dan ketidak nyamanan di masyarakat khususnya pengguna jalan.

“Bisa jadi ada kelengahan para petugas di lapangan karena fokus pada penanganan Covid-19, ini tetap harus ditertibkan. Jika anak-anak jalanan dan pengamen ini berasal dari luar Balikpapan akan diberikan bimbingan, dan bisa juga dikembalikan ke asalnya. Begitupun jika memang asli warga Balikpapan tentunya akan diberikan bimbingan oleh dinas yang terkait,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor  : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.