RPH Ruminasia Samarinda Siapkan Tempat Pemotongan Hewan Qurban

Miliki 15 Orang Penjagal Berpengalaman

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Menjelang Lebaran Idul Adha 1441 Hijriyah, yang hanya tinggal menghitung hari, Rumah Potong Hewan (RPH) Ruminasia yang terletak di Jalan Poros Samarinda – Bontang KM 1, sudah menyiapkan tempat pemotongan hewan secara gratis.

Selain menyiapkan tempat pemotongan, pihak pengelola juga meyiapkan hewan Qurban yang di butuhkan warga, dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

Hal itu disampaikan Dwi Wahyudi koordinator pemotongan hewan Qurban di RPH tersebut. Ia mengatakan pemotongam hewan Qurban berbeda dari tahun sebelumnya, pasalnya tahun ini perayaan Idul Adha masih di tengah pandimi Covid-19. Biasanya jika ada orang yang melaksanakam pemotongan hewan di RPH, seluruh keluarga diajak untuk menyaksikan. Untuk sekarang prosedurnya hanya perwakilan.

“Nanti minimal setiap satu Sapi ada satu saksi dan maksimal dua orang, karena syariatnya harus disaksikan oleh pihak pemilik. Karena kami sudah bikin aturan terlebih dahulu, disini kita pakai SE Kemenag dan protokol dari Gugus Tugas Covid Pusat itu jadikan satu, lalu kita simpulkan untuk jadi SOP pemotongan dan setiap pengunjung wajib mengenakan masker dan cuci tangan di lokasi pintu masuk RPH,” ujar Dwi saat disambangi di RPH, Selasa (28/7/2020).

Pihak RPH Ruminasia sendiri menggratiskan lokasi pemotongan hewan Qurban, baik Sapi maupun Kambing yang akan diqurbankan meski bukan dibeli di sekitar RPH. Warga hanya cukup melapor, dan membawa serta tukang pemotong atau tukang jagal dan peralatan menjagal.

Jika pemilik hewan Qurban tidak menyiapkan petugas jagal, di RPH telah memiliki kurang lebih 15 orang penjagal yang sudah berpengalaman.

Berita terkait : 10 Hari Jelang Idul Adha Pembeli Hewan Qurban Masih Sepi

“Saya imbau kepada masyarakat, sebenarnya untuk melakukan penyembelihan hewan Qurban tidak melulu hari pertama. Ada tiga hari setelah Idul Adha, dan petugas kami mampu menyembelih kurang lebih 100 hewan Qurban untuk empat hari,” jelasnya.

Selain tempat potong di RPH, juga menjual langsung hewan Qurban Sapi dan Kambing. Bagi warga yang membutuhkan, harganyapun bervariasi mulai dari Rp10 – Rp15 Juta per ekor untuk harga Sapi. Dan Kambing berkisar Rp2,5 Juta hingga Rp4 Juta per ekor. Bahkan di RPH juga menjual Sapi jenis Bali dan juga Sapi jenis Lemosin. (DK.Com)

Penulis : Mashardiansyah

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.