Pekan Depan Samarinda Akan Memiliki Mobil PCR

Mobil PCR Untuk Mempercepat Pendeteksian Dini Pasien Covid-19

DETAKKaltim. Com, SAMARINDA : Menghadapi puncak pandemi Covid-19 gelombang Kedua di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Tim Gugus Tugas dan Dinas Kesehatan Kota Samarinda akan mendatangkan mobil Polymerase Chain Reaction (PCR).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda Dokter Ismed Kusasih mengatakan, mobil yang memiliki kecepatan pendeteksian dini Covid-19 tersebut akan tiba di Samarinda pekan depan setelah Idul Adha.

“Insya Allah minggu depan dalam progres, ini mobilnya akan segera datang ke Kota Samarinda. Ini upaya kita dalam menghadapi puncak pandemi di Kota Samarinda,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda Ismed Kusasih saat di temui di ruangannya, Selasa (28/7/2020).

Mobil PCR tersebut akan beroperasi selama 24 jam untuk mempermudah dan mempercepat pendeteksian Covid-19, yang hanya memakan waktu 45 menit sampai 1 jam. Artinya mobil tersebut lebih cepat membaca hasil Swab atau membantu mendeteksi pasien terpapar Covid-19 lebih cepat, dengan begitu pasien segera ditindaklanjuti dengan Isolasi.

Lebih lanjut Ismed mengatakan, satu unit mobil PCR itu memiliki dua mesin PCR. Pihaknyapun akan memfokuskan mobile PCR ini untuk kecepatan tracing atau untuk pasien-pasien yang masuk rumah sakit dalam kondisi sedang atau darurat.

Baca juga : Satu Warga Terpapar Covid, Dua RT Tutup Akses Jalan Milono Samarinda

“Mobil PCR ini sangat bermamfaat sekali karena memiliki kecepatan. Misalkan untuk pasien yang meninggal, sebelum meninggal kita ambil Swabnya, 1 jam hasilnya sudah bisa keluar. Dengan begitu kalau hasil Swabnya negatif kita bisa menguburkan secara biasa,” jelas Ismet.

Disinggung harga mobil PCR tersebut, ia mengatakan tidak mengetahui karena bukan dirinya Kuasa Pengguna Anggarannnya. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.