Semester I Bontang Realisasikan Anggaran Pemuka Agama Rp8,9 Miliar

Amiluddin : Tahun 2020 Anggaran Ditingkatkan

DETAKKaltim.Com, BONTANG : Pemerintah Kota Bontang mendapat pandangan dari fraksi DPRD Bontang terkat insentif guru ngaji, mubalig, guru minggu dan lainnya. Dimana pandangan tersebut disampaikan pada rapat kerja DPRD Bontang 13 Juli 2020 dan dijawab oleh Walikota Bontang pada 14 Juli 2020.

DPRD Bontang meminta insentif guru-guru ngaji, petugas masjid, gereja, pura dan petugas rumah ibadah agar kesejahterannya ditingkatkan, dan Pemerintah Kota Bontang sudah menindaklanjutinya dengan melakukan peningkatan kesejahteraan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bontang Amiluddin menjelaskan, alokasi anggaran untuk ustadz/ustadzah, imam masjid/musalla, penjaga masjid/musalla, mubaligh, pendeta, panindita di tahun 2018 dianggarkan per orang sebesar Rp 500 Ribu. Untuk guru sekolah Hindu sebesar Rp200 Ribu, serta guru sekolah minggu Rp150 Ribu.

“Total anggaran setiap bulan dikeluarkan sebesar Rp853 Juta dengan jumlah 2.167 orang,” jelas Amiluddin beberapa waktu lalu.

Pada tahun 2019, lanjutnya, anggaran ditingkatkan menjadi Rp750 Ribu, sedangkan guru sekolah Hindu tetap. Pada tahun 2020, anggaran pemuka agama ditingkatkan kembali setiap bulannya menerima Rp1 Juta, sedangkan guru sekolah Hindu, serta guru sekolah Minggu menjadi Rp250 Ribu, sehingga total anggaran setiap bulan sebesar Rp1.736.750.000 dengan jumlah 2.117 orang.

“Untuk realisasi sampai dengan semester 1 tahun 2020 sebesar Rp8.971.035.402,” ujarnya.

Baca juga : Puncak Perayaan Harlah Ke-74 Muslimat NU Dihadiri Wali Kota Bontang

Pencairannyapun, dikatakan Amiluddin, tergantung dari berkas pencairan yang disiapkan dinas terkait. Jika berkasnya cepat dimasukkan dan dokumen sudah lengkap, maka proses pencairan akan lebih cepat. Namun jika berkas pencairan tidak lengkap, maka pencairanpun akan lambat.

“Kami selalu siap mencairkan, karena anggaran disiapkan setiap bulannya. Kembali lagi tergantung kelengkapan dokumen pencairannya,” tandas Amiluddin. (DK.Com)

Penulis : Cinhue

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.