Kenalkan Aplikasi Sidalih, KPU Kota Balikpapan Gelar Bimtek

Thoha : Tindak Lanjut Coklit

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpaapn melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait pemutakhiran data pemilih, dan pengenalan aplikasi Sistem Data Pemilih (Sidalih) dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan Tahun 2020.

“Kegiatan ini adalah tindak lanjut Coklit dari proses yang sudah dilaksanakan petugas PPDP yang mendata dari rumah ke rumah, untuk mencocokan data yang dipegang dengan data faktual yang ada di masyarakat,” kata Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, Kamis (23/7/2020).

Hasil dari pendataan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) itu akan di-input di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), namun untuk meng-input data tersebut menggunakan satu aplikasi yang naman aplikasi Sidalih.

“Yang perlu diketahui aplikasi Sidalih ini sudah lama digunakan, hanya saja belum maksimal dan selalu mengalami perubahan perbaikan-perbaikan,” jelas Noor Thoha lebih lanjut.

Masih kata Noor Thoha, aplikasi yang terbaru ini adalah Sidalih 4.0 yang akan mengolah seluruh data dari hasil Coklit di lapangan, diharapkan dengan aplikasi yang terbaru ini lebih baik dan tidak seperti yang sudah pernah digunakan dulu.

Petugas di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS diberikan fasilitas sebuah Laptop agar bekerja dengan secara maksimal.

Baca juga : KPU Balikpapan Gelar Rakor dengan Dinas Kesehatan

“Untuk hari ini kegiatan PPK PPS berlangsung selama 2 hari, pertama evaluasi simulasi dan aplikasi Sidalih ini 4.0,” tandasnya.

Pilkada 2020 akan digelar di 270 wilayah Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota, Termasuk Kota Balikpapan. Semula, hari pemungutan suara Pilkada akan digelar pada 23 September. Namun, akibat wabah Covid-19, hari pencoblosan diundur hingga 9 Desember 2020. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor  : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.