BREAKINGNEWS! Berau Diguncang Gempa Bumi Tektonik

Tidak Berpotensi Tsunami

Lokasi Gempa. (Sumber : BMKG)

DETAKKaltim.Com, BERAU : Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan Mudjianto menyampaikan telah terjadi Gempa Bumi Tektonik di  wilayah Tanjung Redeb, Berau, Kalimantan Timur, Kamis (16/7/2020).

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa  terjadi pada  Pukul 10:42:54 Wita, berkekuatan M=4.0. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.85 LU dan 117.39 BT, atau tepatnya berlokasi pada jarak 36 Km Barat Daya Tanjung Redeb, Kalimantan Timur,  pada kedalaman 10 Km,” kata Mudjianto dalam informasinya yang dilansir melalui Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas A Balikpapan yang disampaikan Kasie Ops dan Siaga Octavianto, Pukul 13:41 Wita.

Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, kata Mudjianto, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal, Sesar Mangkalihat, yang berdekatan dengan pusat epicenter.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan II-III MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang di Teluk Bayur, Labanan.

Baca juga : Pasca Gempa dan Tsunami Seribuan Tahanan Masih Buron, Kutim Waspada

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tandas Mudjianto. (DK.Com)

Penulis : LVL

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.