RDP dengan DPRD Balikpapan, Kadis Dikbud Sebut Tidak Bisa Diterima Semua

Muhaimin : Kekurangan 13 Persen

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Balikpapan Muhaimin mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi IV DPRD Kota Balikpapan, untuk membahas rencana kegiatan yang akan dilaksanakan Dikbud pada tahun 2021, Senin (13/7/2020).

Komisi IV adalah mitra dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, pada kesempatan itu legislator ini menanyakan kepada Kepala Dinas Dikbud berapa anggaran yang harus dikeluarkan, dan untuk kegiatan apa saja anggaran tersebut.

Menanggapi pertanyaan itu, Muhaimin menjelaskan saat ini adanya keadaan dimana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) terkendala. Siswa-siswi tidak bisa diterima semua di sekolah negeri, rencana Dinas Pendidikan diharapkan pada tahun 2021 bisa mencapai 75% dari kelulusan. Sementara saat ini baru berkisar 65% yang bisa ditampung, artinya masih ada kurang sekitar 13%.

“Dengan adanya kekurangan 13% inilah yang harus dipersiapkan berapa anggarannya, dan dibangun di mana lokasinya. Apakah harus penambahan kelas baru atau menambah unit sekolah baru,” jelas Muhaimin.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan, kata Muhaimin lebih lanjut, sudah menganalisa kelulusan anak-anak Sekolah Dasar (SD) ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada tahun 2021. Termasuk potensi anak yang usia 7 tahun yang akan masuk pada tahun 2021, dari hasil analisa sudah terlihat .

“Dinas Pendidikan memiliki data riil yang harus dipersiapkan untuk di tahun 2021,” tandas Muhaimin.

Berita terkait : Atasi Persoalan Pendidikan, DPRD Balikpapan Anggarkan Rp100 Miliar

Anggota Komisi IV DPRD Kota Balikpapan Subari pada RDP tersebut menyebutkan, DPRD Kota Balikpapan akan men-support Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan anggaran yang disiapkan sekitar Rp100 Miliar lebih.

Menurut Subari, anggaran tahun 2021 ditekankan untuk penyediaan sarana pendidikan dan ruang belajar di sekolah, ada beberapa titik yang sudah disepakati bersama. Di antaranya Balikpapan Barat akan dibangun Gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP), Balikpapan Selatan akan dibangun Sekolah Dasar (SD), Balikpapan Tengah akan dibangun SMP, Balikpapan Utara SD dan SMP termasuk dengan Balikpapan Timur SD. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.