Serentak, 200 Sekolah di Samarinda Disemprot Cairan Disinfektan

Berharap Mata Rantai Penyebaran Covid-19 Terputus

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sebanyak 200 sekolah di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, disemprot cairan Disinfektan secara serentak, sepanjang Minggu (12/7/2020) siang.

Kegiatan ini dilakukan Relawan Gabungan bersama Polresta Samarinda dan Komunitas Ojek Online (Ojol) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Salah satu sekolah yang dilakukan penyemprotan adalah Sekolah Dasar (SD) Katolik 3 yang terletak di Jalan Pangeran Hidayahtullah, Kelurahan Pelabuhan, Samarinda Kota.

Meski sepanjang Minggu siang Samarinda diguyur hujan, namun semangat dari Relawan Gabungan serta Polri dan Ojek Online tetap mengebu-gebu saat melakukan penyemprotan dengan menggunakan alat manual. Semua ruangan termasuk Lapangan Bulu Tangkis di SD Katolik itu tak luput dari semprotan tersebut.

Pihak Sekolah yang ditemui awak media mengatakan bersyukur kegiatan penyemprotan masih bisa berlangsung meski sedang diguyur hujan, ia sangat mengapresiasi kinerja dari para relawan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Semua ada 25 ruangan, dan ini sudah penyemprotan kedua kali semasa-masa pandemi. Meski sejak itu tidak ada lagi aktivitas di sekolah, namun penyemprotan ini adalah salah satu kegiatan untuk memutus mata rantai Covid, dan saya sangat mengapresiasi,” ujar Maria, Kepala SD Katolik 3 Samarinda.

Di tempat yang sama, Ketua Relawan Info Taruna Samarinda (ITS) Joko Iswanto menyebut, bahwa kegiatan ini memang sudah lama direncanakan, dan bersyukur kegiatan ini dapat berjalan lancar meski cuaca tidak mendukung.

“Kendala kita jelas di cuaca hujan, tapi semangat rekan – rekan relawan, Polri dan Komunitas Ojol tidak pernah surut dan menyelesaikan penyemprotan sesuai data yang kita terima,” jelas Joko.

Joko juga menjelaskan, bahwa dari data yang diterima yakni sebanyak 200 Sekolahan yang bersedia di lakukan penyemprotan, dan semua sesuai persetujuan dengan pihak sekolah.

Baca juga : Bertambah 4 Kasus Covid-19 Meninggal di Kaltim

“Dari awal kita koordinasi dulu sama pihak sekolah, dan ada juga yang melapor ke 112  sebelum penyemprotan serentak ini. Kalau pihak sekolah bersedia baru kita data, semua ada 200 sekolah yang tersebar di sepuluh Kecamatan Kota Samarinda,” tambahnya.

Semua yang terlibat dari penyemprotan secara serentak ini berharap agar penyebaran Covid-19 khususnya di Kota Samarinda, yang mulai meningkat belakangan ini dapat diputuskan melalui kegiatan ini.

“Harapan kita semua sama, semoga mata rantai penyebaran Virus Corona di kota tercinta kita ini, yang belakangan ini mulai meningkat kembali, dapat dihentikan,” harap Joko.(DK.Com)

Penulis : Mashardiansyah

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.