Lazismu Samarinda Gelar Khitanan Massal Gratis

Bantu Anak Keluarga Kurang Mampu

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh (Lazismu) Kantor Layanan Sempaja Selatan, Kota Samarinda, menggelar kegiatan sosial khitanan massal gratis.

Acara yang diselenggarakan sebagai rangkaian syiar menyambut Idul Adha ini mengangkat tema “Khitanan Mengantarkan Anak Menuju Baliqh, Menggembirakan Anak Dalam Kemuliaan Akhlak” berlangsung di Kantor Lazismu, Jalan Perjuangan, Kota Samarinda, Minggu (12/7/2020).

Agus Shahir AS, Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sempaja Samarinda mengatakan, khitanan massal ini sebagai bentuk kepedulian Muhammadiyah dan Lazismu kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19, apalagi saat ini sebagian warga mengalami kesulitan ekonomi akibat wabah Corona.

“Ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat, saat ini wabah Corona benar-benar membuat masyarakat kesulitan di bidang ekonomi. Di satu sisi mereka harus mencari nafkah untuk menghidupi keluarga, namun di sisi lain ada tanggung jawab yang belum mereka tunaikan, mudah-mudahan ini bisa sedikit meringankan beban mereka,” ujar Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 21 anak, dan untuk mencegah menularnya wabah Corona, pihaknya tetap mematuhi protokol kesehatan dengan membagi 2 waktu pelaksanaan, dengan rincian 10 orang pertama pagi  dan 11 orang dilakukan pada siang hingga menjelang sore hari.

“Kami ingin nanti kegiatan ini terus berlanjut, setidaknya bisa membantu mereka. Lazismu memberikan bantuan berupa pakaian dan santunan kepada anak-anak yang mengikuti khitanan, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan kami membagi dua sesi, dan semuanya dilaksanakan hari ini,” jelasnya.

Ketua Lazismu Kota Samarinda Sudarno mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program kerja Lazismu Kota Samarinda yang dalam pelaksanaannya dilakukan oleh Lazismu Kantor Layanan Sempaja Selatan, iapun mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Kami mengapresiasi Lazismu Kantor Layanan Sempaja Selatan yang dengan kerja kerasnya berhasil menggelar kegiatan ini, mudah-mudahan anak-anak ini nantinya akan menjadi anak-anak yang saleh dan berguna bagi bangsa dan negara,” ujarnya.

Berita terkait : Lazis Muhammadiyah Berikan Bantuan Modal Usaha Rumahan dan Warung Kecil

Kegiatan ini diawali dengan ceramah singkat oleh Pimpinan Muhammadiyah Kalimantan Timur KH Suyatman, dalam tausiyahnya ia mengatakan anak akan menempuh jalan yang benar atau tidak tergantung bagaimana orang tuanya memberikan pendidikan agama. Oleh karena itu wajib bagi orang tua untuk mengajarkan pendidikan agama sejak dini, agar kelak generasi-generasi penerus bangsa ini memiliki akhlak yang mulia.

“Cara mengenalkan anak pada Allah bisa dimulai dengan hal hal yang sederhana, seperti mengajarkan anak tentang sholat atau sering ke masjid.  Tapi sebelum mengenalkan anak kepada Allah, maka anda sebagai orang tua terlebih dahulu membiasakan diri untuk menunaikan kebiasaan baik,” ujar KH Suyatman didepan para orang tua saat mendampingi anaknya yang mengikuti khitanan massal. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.