KPU Balikpapan, Bimtek Pengelolaan Keuangan PPK dan PPS

Basir : Diharapkan Tidak Ada Kesalahan Lagi

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait pengelolaan keuangan kepada Ketua PPK, Ketua PPS, Sekretariat PPK dan Sekretariat PPS adalah bagian penting yang sangat mendasar untuk diketahui seperti apa pengelolaannya.

Demikian disampaikan Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Propinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Basir yang dihadirkan sebagai Narasumber KPU Kota Balikpapan pada acara tersebut.

Basir menyampaikan, untuk tahapan Bimtek ini ada 2 kabupaten/kota yang menyelenggarakannya. Yaitu Samarinda dan Balikpapan. Kegiatan ini adalah kegiatan rutin dalam setiap pelaksanaan Pilkada, untuk menyamakan persepsi dalam pengelolaan anggaran agar tidak lagi terjadi kesalahan.

“Pengelolaan anggaran Pilkada itu dilaksanakan secara terbuka dan transparan, jadi sama sekali tidak ada yang ditutup-tutupi. Termasuk juga rekan-rekan media diundang untuk melakukan peliputan,” kata Basir di sela-sela pelaksanaan kegiatan Bimtek.

Basir juga mengatakan, diharapkan dengan adanya kegiatan Bimtek ini tidak ada lagi kesalahan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun di kelurahan dalam mengelola anggaran Pilkada ini.  Dengan alasan semua sudah diBimtek.

“Semua  teknis pelaksanaan pelaporan pertanggung jawaban sudah diberikan dan diberikan contoh, sehingga diharapkan dana hibah pemerintah daerah bisa dilaksanakan dengan baik,” harapnya.

Masih kata Basir, tahapan ini wajib dilaksanakan Bimtek. Karena tidak semua kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada memiliki anggaran yang lebih, namun Bimteknya tetap dilaksanakan hanya saja metodenya yang beda.

Ketentuan dalam aturan semua harus mengetahuinya, ujarnya lebih lanjut, meskipun yang dihadirkan adalah ketua dan sekretariatnya. Karena kegiatan KPU ini memegang teguh prosedur protokol kesehatan Covid-19.

Berita terkait : KPU Balikpapan Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan

Pada era normal tanpa pandemi Covid-19, lanjut Basir, KPU mengundang semua bahkan bergelombang dilaksanakan, karena kegiatan Bimtek Pengelolaan Keuangan ini hukumnya wajib dilaksanakan dalam tahapan Pilkada.

Sebelumnya, Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, Pilkada yang baik adalah Pilkada yang memberikan penyelenggaraan berjalan sesuai harapan, dan tingkat partisipasinya tinggi.

“Pilkada yang baik adalah Pilkada yang memberikan penyelenggaraan berjalan sesuai harapan, tingkat partisipasi tinggi, pastinya akan diberikan apresiasi. Lain halnya jika administrasi berantakan, pastinya juga akan menjadi kehancuran,” kata Thoha di sela-sela kegiatan.

Saat pelaksaan Bimtek Pengelolaan Keuangan Pilkada 2020 yang diselenggarakan KPU Kota Balikpapan, ada momen yang berbeda bagi Sekretaris KPU Kaltim ketika menjadi narasumber. Dan hal itu begitu istimewa dirasakan Basir karena sangat langka terjadi. Dimana hari kelahirannya dirayakan di tempat kegiatan itu.

“Dari lubuk hati saya yang paling dalam, saya sangat terharu. Hari kelahiran saya dirayakan teman-teman semua di Balikpapan,” katanya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.