KPU Balikpapan Gelar Bimtek Pengelolaan Keuangan

Narasumber dari Kejaksaan, Kepolisian, dan Pajak

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Pengelolaan Keuangan Anggaran Pilkada Tahun 2020, kepada Ketua PPK, Ketua PPS, Sekretariat PPK dan Sekretariat PPS selruh Kota Balikpapan pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan di Hotel Horison, Sabtu (4/7/2020).

Ketua KPU Noor Thoha menjelaskan bahwa kegiatan Bimbingan Teknis tentang Pengelolaan Keuangan itu merupakan sarana yang sangat vital, dalam rangka penyelenggaraan Pilkada.

“Pilkada yang baik adalah Pilkada yang memberikan penyelenggaraan berjalan sesuai harapan, tingkat partisipasi tinggi, pastinya akan diberikan apresiasi. Lain halnya jika administrasi berantakan, pastinya juga akan menjadi kehancuran,” kata Thoha di sela-sela kegiatan.

Lebih lanjut Thoah mengatakan, KPU Kota Balikpapan memandang penting untuk memberikan pembekalan kepada Sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS), karena mereka inilah selaku leading sector dalam hal pengelolaan keuangan. Dan secara keseluruhan semua narasumber dapat menerangkan hal tersebut.

Dalam Bimbingan Teknis ini KPU Kota Balikpapan menghadirkan Polresta Balikpapan, Pidsus Kejaksaan Negeri Balikpapan dan dari Pajak.

“Ini semua untuk mengantisipasi jangan sampai rekan-rekan semua terjerumus dalam perbuatan korupsi,” kata Thoha.

Masih kata Noor Thoha, 60 persen sampai dengan 70 persen anggaran yang Rp53,9 Miliar larinya ke operasional  Ad hock. Bisa dihitung dengan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) saja 10.500, ditambah dengan Linmasnya 3.000, ditambah pembuatan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan administrasi hari-harinya, uang rapat dan uang operasionalnya.

“Maka hampir sebagian besar biayanya untuk Ad hock,” pungkasnya.

Kegiatan Bimtek Pengelolaan Keuangan Anggaran Pilkada Tahun 2020 diselengarakan dalam satu hari.

Berita terkait : Komisioner KPU Balikpapan Kunjungi PPS Manggar

Pilkada Kota Balikpapan dan Pilkada lainnya di seluruh Indonesia akan diselenggarakan tanggal 9 Desember 2020, jadwal ini mundur dari jadwal sebelumnya yang direncanakan pada 23 September 2020 lantaran merebaknya wabah Covid-19, di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Sejumlah agendapun kini kembali dilanjutkan setelah sempat dihentikan KPU RI beberapa bulan, untuk memutus penyebaran Virus Corona yang telah merenggut ribuan nyawa. Bukan hanya di Indonesia, namun juga hampir di semua belahan dunia hingga saat ini. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.