Komisioner KPU Balikpapan Kunjungi PPS Manggar

Yan : Tidak Ada Kendala

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan melaksanakan monitoring hari Ke-3 diikuti seluruh komisioner bersama staf KPU yang terbagi ke setiap kelurahan, Kamis (2/7/2020).

“Tujuan dari monitoring untuk memantapkan kesiapan kinerja petugas PPS  dalam pembentukan PPDP, dan sekaligus data pemilih yang sudah terlaksana. Apakah ada kendala atau progres ke depannya bagaimana,” kata Komisioner Yan Fauzi Wardana sebelum kegiatan monitoring dilaksanakan.

Komisioner KPU ingin mengetahui pemetaan TPS, kata Yan Fauzi lebih lanjut, dengan dasar pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang tugasnya untuk mendata langsung, dari rumah ke rumah untuk mencocokkan data yang ada.

Untuk pendataan di wilayah Balikpapan Timur, khususnya Manggar, disebutkan Yan Fauzi berjalan lancar.

“Alhamdulillah segala sesuatu dalam situasi yang aman, dan tidak ada kendala,” sebutnya.

Meski juga diakuinya ada hal-hal yang ditemukan seperti masalah umur bagi petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) sudah berusia 50 tahun, karena hampir rata rata Ketua RT usianya sekitar 50 tahun ke atas. Namun, kata Yan Fauzi, akhirnya itu juga bukan suatu kendala bagi seorang PPS.

Berita terkait : KPU Balikpapan Berharap Dapat APD Ketimbang Dana

Pilkada Balikpapan akan digelar 9 Desember 2020, jadwal ini mundur dari jadwal sebelumnya tanggal 23 September 2020 lantaran merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia termasuk di Balikpapan. Sejumlah tahapan Pilkada yang sudah direncanakan jauh-jauh hari, akhirnya ditunda termasuk pembentukan PPDP.

Setelah mengalami penundaan beberapa waktu, KPU RI kemudian memutuskan melanjutkan tahapan-tahapan Pilkada untuk pelaksanaan hari H yang jatuh pada hari Rabu, 9 Desember 2020. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.