Ketua DPRD Samarinda Sidak Bekas Tambang Ilegal

Tinggalkan Kubangan, Tambang Digarap Sejak 2014

Ketua DPRD Samarinda Siswadi mendengarkan penjelasan Ketua RT 43. (foto : Mashardiansyah)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda dipimpin Siswadi mendatangi lokasi tambang yang dilakukan secara ilegal, dan berada tidak jauh dari pemukiman warga Samarinda, Kamis (2/7/2020) pagi.

Lokasi tambang ilegal tersebut berada di Jalan Gunung Kapur, Lempake, Kecamatan Samarinda Utara. Namun sayangnya, saat disidak aktivitas pertambangan tidak terlihat lagi di lokasi, hanya saja menyisakan beberapa gundukan Batubara serta kubangan yang terisi air di bekas galian.

Menurut keterangan Ketua RT 43 Irwansyah dimana lokasi tambang tersebut berada, aktivitas Tambang Batubara itu memang sudah ada sejak tahun 2014. Hanya saja penambang yang berganti-ganti dan aktivitas penambangan dilakukan pada malam hari, namun belakangan ini memang berhenti.

Dijelaskan Irwansyah, akibat dari tambang tersebut rumah warga serta fasilitas umum menjadi terendam banjir saat hujan turun.

“Tambang ini sudah lama, dulu juga banjir tapi paling parah di bulan Mei. Banjir kemarin banyak rumah, SD dan masjid terendam, kedalaman air 50 Cm bahkan ada yang 2 meter. Dulu kan banjir tapi paling 20 Cm, ” jelas Irwansyah.

Irwansyah juga menegaskan, kalau aktivitas tambang yang sudah lama berjalan ini ia tidak terlibat.

“Kalau warga saya nggak tahu ada terlibat atau tidak, kalaupun ada saya nggak ngerti. Yang jelas saya tidak terlibat, dan tidak pernah membekengi atau mengizinkan,” tegas Irwansyah yang temui langsung Wartawan DETAKKaltim.Com di lokasi tambang.

Baca juga : Anggota DPRD Samarinda Tolak Pemindahan Makam Muslimin Abul Hasan

Melihat kondisi di kawasan itu, Ketua DPRD Samarinda Siswadi tampak geram kepada oknum penambang, ia mengatakan akan mencari keberadaan penambang tersebut untuk meminta mempertangung jawabkan perbuatannya.

“Kami akan melacak terus oknum yang menambang ilegal, tanpa memikirkan dampaknya kepada masyarakat,” kecam Siswadi. (DK.Com)

Penulis : Mashardiansyah

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.