Pilkada Dibayangi Covid-19, Bupati Kutim Sebut Tugas Polri Lebih Berat

Ismu : Tugas Ini Tidaklah Mudah

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Hadir dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Polisi Republik Indonesia (Polri), Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar mengingatkan potensi ancaman keamanan daerah untuk tahun ini perlu diperhatikan dan ditingkatkan keamanan. Pasalnya, salah satunya bakal ada penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 yang digelar.

“Potensi ancaman stabilitas keamanan suatu daerah khususnya di wilayah hukum Kutim juga perlu terus diwaspadai, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada serentak di akhir tahun 2020 di bulan Desember,” ujarnya, Rabu (1/7/2020).

Dia mengatakan, dalam menjaga stabilitas keamanan tidak berbeda dari Pilkada sebelumnya. Namun tahun ini tugas Polri akan lebih berat, karena harus memastikan pemberlakukan protokol kesehatan dalam Pilkada.

“Selain tugas yang sama pernah dilakukan di Pilkada Serentak 2017 dan 2018, kali ini juga harus menjaga protokol kesehatan. Saya tahu tugas ini tidaklah mudah. Namun saya yakin Polri /TNI serta penyelenggara dan pengawas Pemilu akan mampu menjalankan tugas ini dengan baik,” papar Ismu.

Baca juga : Sesuai Protokol Covid-19, 423 Petugas PPS Pilkada Kutim Dilantik Serentak

Pada kesempatan itu, Bupati Kutim ini juga telah mengapresiasi keterlibatan Polri dalam hal ini Polres Kutim dalam penanganan Covid-19. Menurutnya, keterlibatan seluruh jajaran Kepolisian mulai dari Polres, Polsek hingga Babinkamtibmas di desa-desa dibutuhkan untuk mengajak masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan. Termasuk aktif mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial.

“Perlu saya tegaskan bahwa keselamatan masyarakat adalah yang paling utama. Keselamatan dan kepentingan masyarakat adalah hukum tertinggi. Lakukan tugas kemanusiaan ini secara persuasif dan humanis. Namun harus tetap waspada, cepat tanggap, dan tegas dalam menangani setiap pelanggaran hukum dengan menjaga profesionalitas dan kepercayaan rakyat,” terang Ismu. (DK.Com)

Penulis :  RH

Editor :  Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.