Qurban Pada Masa Pandemi Covid-19, Ini Himbauan PWM Kaltim

KH Suyatman : Qurban Sebaiknya Dikonversi Berupa Dana

DETAKKaltim. Com, SAMARINDA : Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kaltim menyarankan kepada ummat muslim yang akan melaksanakan ibadah qurban untuk lebih mengutamakan bersedekah berupa uang dari pada menyembelih hewan qurban.

Membantu duafa maupun berqurban, keduanya mendapatkan pahala di sisi Allah Swt. Namun berdasarkan beberapa dalil, memberi sesuatu yang lebih besar manfaatnya untuk kemaslahatan adalah yang lebih diutamakan.

Hal tersebut disampaikan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kaltim KH Suyatman. Menurutnya, ibadah qurban hukumnya adalah Sunnah Muakadah, oleh karena itu bagi muslim yang telah memiliki kemampuan untuk berqurban dengan tata cara, sesuai tuntutan majelis tarjih dan tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

“Pandemi Covid-19 menimbulkan masalah sosial ekonomi dan meningkatnya jumlah kaum duafa,  karena itu sangat disarankan agar Ummat Islam yang mampu untuk lebih mengutamakan membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19 dari pada menyembelih hewan qurban. Tapi bagi mereka yang mampu membantu penanggulangan dampak ekonomi Covid-19, sekaligus mampu berqurban maka dapat melakukan keduanya,” ujar KH Suyatman di Samarinda, Selasa (30/6/2020).

Baca juga : Lazis Muhammadiyah Berikan Bantuan Modal Usaha Rumahan dan Warung Kecil

Himbauan tersebut juga selaras dengan maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Apabila ada yang berqurban maka dapat dilakukan alternatif dengan urutan skala prioritas.

“Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah mengeluarkan maklumat mengenai hari ibadah qurban, qurban sebaiknya dikonversi berupa dana dan disalurkan melalui Lazismu untuk didistrisbusikan  kepada masyarakat yang sangat membutuhkan, dan jika melakukan qurban harus tetap memenuhi protokol kesehatan,” jelasnya. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.