Wabah Covid-19 di Kaltim, Andi : Potensi Penularan Masih Tinggi

Bertambah 7 Kasus Positif

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sebanyak 7 kasus positif Covid-19 hari ini dilaporkan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim Andi  Muhammad Ishak, Senin (29/6/2020) Pukul 17:00 Wita.

Di hadapan sejumlah wartawan di Samarinda, Andi melalui Zoom Meeting menyebutkan 7 kasus tersebut berasal dari Kutai Kartanegara, dan Balikpapan.

Data Perkembangan kasus Konfirmasi, Sembuh, dan Meninggal per 29 Juni 2020. (Sumber : Dinkes Kaltim)

Di Kutai Kartanegara 1 kasus, KKR 69 Laki-laki (37) merupakan kasus Orang Tanpa Gejala (OTG), warga Kutai Kartanegara yang akan kembali bekerja di Paser. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

Kemudian di Balikpapan 6 kasus, BPN 176 Laki-laki (31), merupakan kasus OTG warga Jawa Barat yang kontak erat-rekan kerja- BPN 145. BPN 177 Laki-laki (56) merupakan kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang ditetapkan tim klinis dan Dinkes Balikpapan dengan hasil rapid test reaktif, pasien mempunyai komorbid penyakit jantung.

BPN 178 Laki-laki (25) merupakan kasus OTG warga Jawa Barat yang akan kembali bekerja di Balikpapan. BPN 179 Laki-laki (30) merupakan kasus OTG warga Balikpapan yang akan Kembali bekerja. BPN 180 Laki-laki (35) merupakan kasus OTG warga Jawa Barat yang bekerja di lepas Pantai Balikpapan, dan kontak erat-rekan kerja-BPN 173. Semua kasus tersebut dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

Terakhir BPN 181 Perempuan (28) merupakan kasus OTG warga Jawa Tengah yang bermukim di Balikpapan, mempunyai riwayat kontak erat -teman- yang terkonfirmasi positif di Kalimantan Selatan, kasus dirawat di RST Hardjanto.

Untuk penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 yang dilaporkan sembuh ada 1 kasus di Berau. BRU 30 Laki-laki (30) merupakan kasus dari klaster Gowa yang telah dirawat di RSUD Abdul Rivai sejak 21 April 2020.

“Kasus tersebut dinyatakan sembuh karena dari hasil laboratorium rujukan Covid-19 dinyatakan dua kali dengan hasil negatif,” ungkap Andi.

Selain itu, hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid-19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik, tidak ada gejala.

Berita terkait : Bekerja di Balikpapan, Warga Korea Positif Covid-19

Hingga hari ini tercatat 510 kasus yang dinyatakan positif di Kaltim, 376 sudah sembuh, 7 meninggal, dan 127 dalam perawatan.

Menurut Andi, melihat perkembangan ini menandakan penularan di Kalimantan Timur masih terus terjadi, dan kecenderungannya juga masih terus ada.

“Perlu dipahami bahwa potensi penularan masih sangat tinggi, sehingga kebijakan untuk melakukan relaksasi benar-benar harus diikuti dengan perkembangan data-data yang betul-betul dianalisa baik. Apa bila memang menunjukkan peningkatan, maka memang perlu harus dilakukan lagi pengetatan kembali pada daerah-daerah yang sudah melakukan pelonggaran,” tandas Andi. (DK.Com)

Penulis : LVL

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.