Kejar Target, KPU Balikpapan Maksimalkan Peran Media Online

Syahrul : Ditargetkan 77,5 Persen

3 Pilkada Terakhir Belum Pernah Mencapai 60 Persen

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Di sela kesibukan pelaksanaan orientasi tugas untuk anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Komisioner KPU Kota Balikpapan Syahrul Karim menyampaikan tingkat partisipasi  pemilih yang ditargetkan 77,5% ini akan menjadi suatu tantang KPU Balikpapan untuk mencapainya.

Syahrul yang membidangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan, Partisipasi Masyarakat dan SDM mengatakan, melihat histori data yang ada pada 3 kali pelaksanaan Pilkada yang diselenggarakan di Kota Balikpapan, angka partisipasi pemilih tidak pernah mencapai angka 60%. Tertinggi pada tahun 2015, sekitar 59,6% dan Pilkadanya dilaksanakan dalam keadaan normal.

“Dengan situasi sekarang ini,  Pilkada Kota Balikpapan harus menggunakan prosedur protokol kesehatan. Tentunya sekali lagi ini adalah tantangan bagi KPU untuk mencapai target yang diharapkan,” kata Syahrul.

Masih kata Syahrul, dengan mengikuti prosedur protokol kesehatan, artinya gerak langkah ataupun aktifitas dibatasi, harus jaga jarak, dan tetap menggunakan masker. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal tersebut KPU fokus sosialisasi secara online.

Berita terkait : Jelang Pilkada, KPU Balikpapan Gelar Orientasi Tugas PPK dan PPS

Menurut survei KPU secara internal, 99,9% masyarakat Balikpapan sudah menggunakan media sosial. Ada Facebook, Instagram, youtube, dan WhatsApp.

“Inilah yang akan digunakan KPU Balikpapan semaksimal mungkin dalam menyalurkan informasi, terkait tahapan penyelenggaraan pilkada,” jelas Syahrul.

KPU akan membuat konten konten kreatif dalam setiap tahapan, kata Syharul lebih lanjut, untuk disebarkan kepada masyarakat. Termasuk media yang paling berperan aktif dalam mengawal jalannya informasi, terkait tahapan Pilkada.

“Bukan hanya sekedar mem-posting saja tapi dapat di-share kemana saja, karena peran media saat ini sangat besar. Segala kegiatan sosialisasi tahapan Pilkada semua lewat media, khususnya media online,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.