Jelang Pilkada, KPU Balikpapan Gelar Orientasi Tugas PPK dan PPS

Thoha : Agar Memahami Semua Ilmu Tentang Penyelenggaraan Pemilu

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi Pemililihan Umum (KPU) Kota Balikpapan melaksanakan kegiatan Orientasi Tugas untuk Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Hotel Horison Sagita, Sabtu (27/6/s2020).

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menyampaikan, kegiatan orientasi ini mengundang narasumber dari mantan komisioner, Ketua KPU Provinsi Kalimantan Timur, Bawaslu, dan kelima komisioner KPU Balikpapan.

“Untuk narasumber itu sendiri satu persatu akan memberikan bimbingan serta pengalaman pada waktu menjadi komisioner itu sendiri, begitu juga dengan Bawaslu hal-hal apa saja yang diberikan sebagai Badan Pengawas,” kata Noor Thoha.

Masih kata Thoha, kegiatan orientasi tugas PPK dan PPS dilaksanakan selama 2 hari dengan jumlah 132 anggota, ditambah dengan sekretaris 40. Totalnya ada 172 dengan menempati 6 ruangan yang sudah terbagi, agar peserta tidak ngumpul terlalu dekat sesuai prosedur protokol kesehatan.

Berita terkait : KPU Balikpapan Kumpulkan Operator PPK dan PPS

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan terkait dengan tugas, kata Thoha, salah satunya etika yang menyangkut perilaku kesehariannya. Yang tadinya boleh menjadi tidak boleh dilakukan, seperti halnya tidak boleh berpihak kepada salah satu bakal calon, dan tidak boleh mengikuti kegiatan apa saja yang dilakukan oleh bakal calon salah satunya bagi-bagi Sembako.

“Dilaksanakannya orientasi tugas kepada anggota PPK dan PPS agar memahami semua ilmu tentang penyelenggaraan Pemilu, yang dikemas dalam orientasi tugas. Dimana mereka harus mengerti akan kewajiban, tugas, dan kewenangan serta perilakunya,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.