Satu Lagi Kasus Covid-19 Meninggal di Kaltim

Kini Tercatat 483 Kasus Positif, 359 Sembuh, 7 Meninggal

117 Kasus Dalam Perawatan

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Andi Muhammad Ishak dalam rilis persnya saat menggelar Zoom Meeting bersama sejumlah wartawan Samarinda, kembali menyampaikan informasi kasus konfirmasi Covid-19 meninggal, Jum’at (26/6/2020) sekitar Pukul 17:00 Wita.

Data Perkembangan kasus Konfirmasi, Sembuh, dan Meninggal per 26 Juni 2020. (Sumber : Dinkes Kaltim)

Kasus meninggal terjadi di Balikpapan, BPN 135 Laki-laki (53) merupakan kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan keluhan batuk dan sakit tenggorokan, serta memiliki gambaran pneumonia dengan co-morbid hipertensi.

“Pasien dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo sejak 23 Juni 2020. Kondisi pasien memburuk dan pada 25 Juni 2020 Pukul 14:43 Wita kasus meninggal dunia,” ungkap Andi.

Selanjutnya, Andi menyampaikan penambahan kasus yang dilakukan pemeriksaan laboratorium Covid-19 dengan hasil positif (konfirmasi) Covid-19 sebanyak 10 kasus.

Di Kutai Barat 2, Kutai Timur 2. Keduanya Orang Tanpa Gejala (OTG) pelaku perjalanan dari Bogor dan Makassar yang akan kembali bekerja di Kutai Timur. Kasus dirawat di RSUD Kudungga Sangatta.

Dari Balikpapan 6 kasus, 4 di antaranya merupakan OTG pelaku perjalanan dari luar daerah, Jakarta,  Halmahera Maluku Utara, Jawa Tengah. Sedangkan 2 lainnya merupakan merupaka OTG Warga Balikpapan yang melakukan pemeriksaan mandiri Covid-19. Kasus RSUD Kanudjoso Djatiwibowo.

Untuk kasus yang dilakukan pemeriksaan laboratorium Covid-19 dengan hasil negatif, Andi menyampaikan terjadi penambahan sebanyak 130 kasus. Di Bontang 28 kasus, Samarinda 102 kasus yang  merupakan kasus OTG yang hasil swab massal Kota Samarinda.

Berita terkait : Angka Kasus Positif Covid-19 di Kaltim Terus Meningkat

Terakhir penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 yang dilaporkan sembuh sebanyak 5 kasus. Di Kutai Barat 1, Kutai Timur 1, Balikpapan 2, dan Samarinda 1 kasus.

“Seluruh kasus tersebut dinyatakan sembuh karena dari hasil laboratorium rujukan Covid-19 dinyatakan dua kali dengan hasil negatif,” beber Andi.

Selai itu, hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid-19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik, tidak ada gejala.

Hingga hari ini, kasus Covid-19 yang dinyatakan positif di Kaltim sebanyak 483 kasus, 359 sembuh, 7 meninggal, dan 117 dalam perawatan. (DK.Com)

Penulis : LVL

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.