Hari Lahir Pancasila, Zairin Ajak Gelorakan Kembali Gotong Royong

Calon Wali Kota Samarinda Silaturrahmi Ojol

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Tepat 1 Juni 2020, semangat hari lahirnya Pancasila membawa langkah Zairin ke Posko Dewan Pimpinan Daerah Gabungan Aksi Roda Dua (DPD Garda) Kaltim Jalan Latsitarda II, Senin (1/6/2020).

Zairin yang didaulat sebagai  pembina Garda Kaltim ini bersilaturrahmi sekaligus halal bihalal dengan puluhan driver ojek online (Ojol) mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa, sudah sepatutnya kita memperjuangkan warisan tersebut.

“Kita mengingat kembali apa yang menjadi semboyan Bangsa Indonesia, Pancasila merupakan dasar negara kita, dari lima sila itu salah satunya yang kita terapkan hari ini adalah sila Kelima, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, untuk membantu sesama guna meringankan beban terlebih baru-baru ini kita terkena musibah banjir,” tegas Zairin.

Makna dari hari Pancasila yang jatuh 1 Juni bagi Bangsa Indonesia? Tentu saja bukan esensi hari Pancasila bukan perayaan meriah belaka, melainkan hari dimana sebagai Bangsa Indonesia, kita harus senantiasa menjunjung tinggi Pancasila, bukan hanya sekedar dasar negara atau tujuan berbangsa dan bernegara, melainkan juga menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Obrolan santai sembari menikmati cemilan bersama puluhan rekan Ojol hari ini, membahas tentang pengalaman Zairin menerobos banjir yang baru saja dialami sebagian warga Samarinda.

“Sangat sedih jika melihat warga yang rumahnya terendam. Saya bersama Sarwono sempat memikul Nasi bungkus untuk diberikan langsung kepada korban banjir di beberapa titik banjir, ternyata butuh tenaga yang ekstra untuk berjalan di air terlebih sembari memikul nasi bungkus,” cetusnya.

Zairin juga melempar solusi agar Samarinda tidak menjadi langganan banjir dari tahun ke tahun. Keruk Bendungan Benanga dan Sungai Karang Mumus agar tampungan air lebih banyak serta gelorakan kembali Gotong Royong di masyarakat,

“Ayo gerakan kembali Gotong Royong bersama setiap akhir minggu membersikan daerah sekitar, terutama drainase,” ajak Zairin.

Calon Wali Kota Samarinda ini juga memberikan bantuan berupa sarung yang diberikan secara simbolis kepada Ketua DPD Garda Kaltim Fadel Balher, dan mengajak rekan Ojol untuk menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah sembarangan, sarta budayakan hidup bersih apalagi kita sekarang hidup ditengah pandemic Covid-19. (*/DK.Com)

Editor : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.