Dikeluhkan, Anggota DPRD Balikpapan Sorot Distribusi Bantuan Covid-19

Sabaruddin : Distribusi Itu Masih Perlu Kita Perbaiki

Rp58 Miliar Dialokasikan Bantu Masyarakat

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Sabaruddin Panrecalle, Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan menyoroti distribusi bantuan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Menurutnya, distribusi yang dilakukan selama ini masih perlu diperbaiki karena masih ada masyarakat yang komplain lantaran tidak menerima padahal mestinya bisa menerima.

“Distribusi itu masih perlu kita perbaiki, karena kenyataannya di lapangan ini masih ada yang komplain,” ujarnya, Minggu (31/5/2020).

Ia menjelaskan, sejumlah sumber bantuan yang diberikan kepada masyarakat. Di antaranya Kementerian Sosial, Pemerintah Provinsi Kaltim, dan Pemkot Balikpapan. Kenyataannya masih ada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan tersebut.

Sabaruddin kemudian mencontohkan, ada  RT yang mengajukan 30 Kepala Keluarga (KK). Namun yang disetujui hanya 15 KK. Hal inilah yang justru menimbulkan kekecewaan di masyarakat, karena sebenarnya ada yang memang layak mendapatkan bantuan tersebut.

“Berarti ada yang nggak lolos 15 KK. Memang ada yang layak menerima, ada yang tidak layak menerima. Tapi yang layak itu harusnya menerima bantuan, tapi dia tidak lolos,” jelasnya.

Iapun menyampaikan yang layak untuk menerima supaya mencoba berkoordinasi dengan Ketua RT setempat, juga dengan pihak kelurahan setempat.

Sabaruddin kemudian mengatakan, DPRD saat ini sedang mencari pola yang tepat untuk pendistribusian bantuan kepada warga, agar semua yang layak dan membutuhkan benar-benar mendapatkannya.

“Itu yang coba kami cari rumusannya kepada masyarakat sendiri, karena polanya itu yang tahu masyarakat dan RTnya. Ada juga RT ini yang tidak mendata, ada pola yang diterapkan RT itu like sama dislike,” tandasnya.

Banggar DPRD dan TAPD Kota Balikpapan pada rapat anggaran di Gedung DRPD Balikpapan, Selasa (21/4/2020),  telah menyepakati anggaran penanganan Covid-19 di Balikpapan sebesar Rp136 Miliar. Sekitar Rp58 Milyar untuk bantuan kepada masyarakat Kota Balikpapan, dan Rp78 Milyar untuk pembelian Peralatan Tim Medis. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.