Nilai Investasi Rp30 Triliun, 3 Perusahaan Methanol Akan Dibangun di Kutim

Bupati Harap Libatkan Pekerja Lokal

Ismu : Investasi Tidak Boleh Merusak Lingkungan

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menjadi incaran investor. Salah satunya gasifikasi Batubara yang akan memproduksi methanol di Kecamatan Bengalon, Kutim.

Berdasarkan informasi ada 3 perusahaan yang bergerak di bidang methanol yaitu PT Bakrie Capital Indonesia (BCI), PT Ithaca Resources dan Air Products akan membangun pabrik industri metanol senilai USD2 Miliar atau mencapai Rp30 Triliun jika diestimasikan kurs Rp15.000 per dollar AS.

Bupati Kutim Ismunandar mengatakan, pihaknya sangat terbuka menerima investasi dari manapun asalkan bertanggungjawab. Menurutnya, dengan masuknya investor 3 perusahaan di Kutim ini akan mampu meningkatkan geliat industri di kawasan pesisir Kutim.

“Kami sangat terbuka terhadap investor, namun saya harap perusahaan bisa melibatkan tenaga kerja lokal di Kutim,” ucap Ismu saat melakukan video conference bersama pihak perusahaan terkait di Ruang Diskominfoperstik, Senin (18/5/2020).

Selain meminta perusahaan yang akan berinvestasi mempekerjakan tenaga kerja lokal sesuai skill, dan kemampuan yang dimiliki, Ismu juga mengingatkan agar dalam operasionalnya nanti, perusahaan harus mengacu kepada lingkungan. Jangan sampai adanya perusahaan methanol di Bengalon, justru merusak lingkungan sekitarnya.

“Kita harus punya persepsi yang sama, bahwa investasi tidak boleh merusak lingkungan,” tegasnya.

Presiden Direktur PT Ithaca Resources Agoes Projosasmito mengatakan, pengembangan industri hilir Batubara yang mengangkat nilai produk Batubara berkalori rendah ini sejalan dengan visi Presiden RI Joko Widodo.

“Batubara akan diposisikan sebagai raw material penting dalam memproduksi produk industri turunan bernilai tinggi,” ujar Agoes

Senada, melalui pernyataan persnya, Chairman, Presiden, sekaligus CEO Air Products Seifi Ghasemi pun mengungkapkan pihaknya bangga dapat turut terlibat dalam proyek gasifikasi skala dunia.

“Tentu kami siap untuk mengerahkan segenap modal, teknologi dan keahlian operasional yang kami miliki. Demi membantu Indonesia memenuhi tujuan-tujuan penting ini,“ tutupnya. (DK.Com)

Penulis: RH

Editor: Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.