Warga Samarinda Diminta Simpan Sampah Dua Hari

Hindari “Ledakan” Sampah Lebaran

Skema membuang sampah di Kota Samarinda jelang lebaran dan sesudah lebaran.

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA. Menghindari ledakan sampah di saat lebaran Idul Fitri 1441 H tahun ini dan memberi kesempatan petugas kebersihan berlebaran dengan keluarga, warga Samarinda diminta untuk menyimpan sampah mereka selama dua hari di rumah dulu.

“Simpanlah sampah anda selama dua hari. Jangan membuang sampah pada hari H dan H plus 1 lebaran Idul Fitri atau pada tanggal 24-25 Mei,” ucap kepala Dinas Lingkungan Hidup Samarinda Nurrahmani Senin (18/5/2020).

Karena lanjut Yama—demikian Nurrahmani disapa, petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup pada dua hari itu (24-25 Mei) fokus membantu pengambilan dan pengangkutan sisa sampah H-1.

Karena seperti diketahui sampah menjelang lebaran meningkat jumlahnya dari hari biasanya.

“Jadi buanglah sampah secara normal mulai H+2 Idul Fitri atau tanggal 26 Mei ke TPS terdekat mulai pukul 18.00-06.00 WITA,” pesan Yama.

Ia juga mengingatkan pada H-1 atau tanggal 23 Mei agar membuang sampah ke TPS terdekat dengan batas akhir pembuangan pukul 21.00 WITA.

Ia berpesan dalam merayakan Idul Fitri menghindari kemasan plastik sekali pakai dan tetap menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

“Bagi warga yang tinggal di bantaran sungai agar tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah ke sungai. Buanglah sampai ke TPS pada tanggal 26 Mei,” pesan Yama lagi.

Begitu pula ketika berbelanja ke supermarket/swalayan atau pasar tradisional agar menggunakan tas belanja guna ulang.

“Jika berziarah ke kubur, tetap jaga kebersihan dan keindahan dengan tidak membuang dan meninggalkan sampah di area makam,” pungkas Yama. (kmf2/DK.Com)

Editor : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.