Pokdarkamtibmas Kaltim Bagi Masker dan Sembako

Abraham : Hari Ini Kita Melakukan Kegiatan Kemanusiaan

Dirikan Posko Penyaluran Bantuan Sosial

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) Kaltim melakukan pembagian Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 berupa masker di Posko Sungai Kunjang, Kamis (14/5/ 2020) Pukul 15:00 Wita.

Ketua Pokdarkamtibmas Kaltim Abraham Ingan usai pembagian APD sebanyak kurang lebih 500 lembar mengatakan, berharap Covid-19 dapat segera sirna. Karena itu, ia berharap masyarakat disiplin mengikuti social distancing.

Selain itu, kata Abraham, juga ada penyaluran bantuan Sembako sekitar 300 paket kepada warga secara langsung hari ini. Dan itu tidak terbatas, karena Posko yang dibuka untuk menampung bantuan masyarakat yang selanjutnya akan disalurkan secara langsung kepada warga miskin yang semakin bertambah.

“Hari ini kita melakukan kegiatan kemanusiaan kepada masyarakat yang luput dari bantuan sosial yang dilakukan pemerintah, ini murni swadaya masyarakat yang peduli secara sosial,” kata Abraham.

Posko Pokdarkamtibmas, kata Abraham lebih lanjut, akan tetap ada sepanjang masih dibutuhkan masyarakat dan sepanjang bermamfaat bagi masyarakat, untuk penyaluran bantuan sosial dari masyarakat untuk masyarakat yang sangat membutuhkan, termasuk bantuan dari perusahaan-perusahaan.

“Silahkan dari perusahaan-perusahaan menaruh bantuan di sini kalau tidak punya tenaga, kita siapkan tenaga dari Pokdar dan Ormas yang mewakili masyarakat yang dipercayakan untuk mengedarkan itu. Kita juga dalam posisi kontrol bantuan pemerintah dan bantuan siapa saja yang diselewengkan, kita berhak melaporkan kepada pihak yang berwajib,” tandas Abraham.

Senada dengan Abraham Ingan, Sekretaris Pokdarkamtibmas Kaltim Supriadi mengatakan ikut peduli dengan kondisi yang terjadi hari ini.

“Tapi tidak sekedar peduli, tapi kalau kita punya hujjah yang baik tentu harus dilakukan dengan baik supaya kita mendapatkan hasil yang kaffah,” jelasnya.

Termasuk juga dalam hal penyalurannya juga harus menggunakan protokol Covid 19 yang disarankan pemerintah. Termasuk melakukan silent operatioan, dengan menyalurkan bantuan secara langsung ke rumah-rumah tanpa harus bertemu.

“Kenapa kita melibatkan Ormas sebagai simpul-simpul massa, karena mereka punya sumber daya untuk mendistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan,” jelasnya.

Kegiatan penyaluran bantuan hari ini juga melibatkan Ormas Gepak Kaltim. Puluhan anggota Ormasi ini terlihat membagikan APD masker bersama pengurus Pokdarkamtibmas Kaltim di depan Big Mall Samarinda sejak Pukul 15:00 Wita hingga sektiar Pukul 16:00 Wita. (DK.Com)

Penulis : LVL

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.