Kasus Covid-19 Meningkat, Anggota DPRD Balikpapan Sorot Kebijakan Pemkot

Budiono : Ada Pula Penambahan Transmisi Lokal

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Anggota DPRD Kota Balikpapan Budiono menyikapi penutupan jalan yang disampaikan lewat surat edaran dari Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, yang diketahui ada 15 titik ruas jalan bahkan ada penambahan titik jalan yang ditutup.

“Penutupan jalan ini tidak efektif dengan alasan bahwa penutupan jalan bukanlah solusi atau bagian dari aksi cepat untuk pencegahan Corona,” kata Budiono yang duduk di Komisi IV, Rabu (6/5/2020).

Penutupan jalan, kata Budiono, menimbulkan banyak dampak yang tidak baik bagi masyarakat. Seperti ekonomi rakyat tidak bergerak, ditambah pula dengan adanya kemacetan yang diakibatkan adanya titik- titik penutupan ruas jalan dan masih banyak jalan tikus yang bisa dilalui masyarakat.

Menurut Budiono, penutupan jalan ini bukanlah solusi yang tepat. Ditambah pula dengan anggaran yang besar, karena selain penutupan jalan juga dilakukan pengawasan 24 jam dengan melibatkan banyak petugas di lapangan.

“Mestinya pemerintah kota di dalam melaksanakan pencegahan Covid-19 ini, solusinya adalah dengan membuka zona-zona dimana ada ODP dan PDP. Jika ada warga yang dalam ODP dan PDP dititik itulah yang harus dilakukan pengawasan secara ketat selama 24 jam, dengan cara diawasi untuk tidak keluar rumah atau isolasi mandiri,” jelas Budiono.

Masih kata Budiono, kebutuhan dari pada pasien yang PDP dan ODP untuk dipenuhi kebutuhannya selama 14 hari sambil mengikuti rapid test dengan cara seperti ini, masyarakat dapat bergerak tanpa harus mengekang yang lain. Ekonomi juga berjalan tanpa harus menutup jalan,” sebut Budiono lebih lanjut.

Andai saja pemerintah kota dari awal melakukan pengawasan terhadap ODP dan PDP yang lebih detail, masih kata Budiono, pastinya itu akan menjadi bagian yang tepat untuk pencegahan yang sangat maksimal.

“Sekarang sudah dilakukan penutupan jalan, bahkan ada pula penambahan transmisi lokal dalam penyebaran virus ini. Dapat dilihat kenyataannya semakin meningkat,” ungkapnya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor  : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.