Cegah Penyebaran Covid, Politisi PDIP Nilai Penutupan Jalan Tidak Efektif

Budiono : Tidak Merubah Situasi Apapun

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Dari Fraksi PDI Perjuangan Budiono menyoroti penutupan jalan yang dianggap sangat tidak efektif.

Menurutnya, meskipun Pemerintah Kota Balikpapan mengeluarkan kebijakan penutupan jalan, satu hal yang harus diingat bahwa roda perekonomian di Balikpapan tetap harus berjalan.

“Dengan adanya penutupan ruas jalan di beberapa titik sama sekali tidak merubah situasi apapun, karena masih banyak masyarakat menggunakan alternatif jalan tikus. Sehingga penutupan jalan yang sudah berjalan ini setelah diamati tidak memberikan dampak atau perubahan apapun,” jelas Budiono, Senin (20/4/2020).

Masih menurut Budiono, pengawasan penutupan jalan ini anggarannya cukup besar dianggapnya tidak efektif dan tidak berjalan sesuai fungsinya. Yang harus lebih diawasi adalah pemerintah kota harus membuka dimana zonanya ODP dan PDP, itulah yang semestinya dilakukan pengawasan dan dikarantina secara mandiri.

Ketika ini semua dilakukan, kata dia lebih lanjut, pengawasan selama 14 hari baik ODP dan PDPnya dibantu dengan relawan-relawan dari masyarakat dan petugas di lapangan, itu jauh lebih efektif sehingga roda perekonomian di Balikpapan tetap berjalan.

“Percuma, sangat percuma penutupan jalan ini karena banyak alternatif yang dilewati masyarakat dengan menggunakan mencari jalan tikus (tembus). Lagi-lagi anggarannya tidak main-main lumayan besar,” tandas Budiono. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor  : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.