Gratiskan Pelanggan PDAM, Kebijakan Pemkot Balikpapan Diapresiasi DPRD

Taufik : Berharap Jangan Hanya 80 Ribu

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Dampak wabah Virus Corona atau Covid-19 yang bermula dari China terjadi di sejumlah negara, juga telah sampai di Indonesia dan memakan korban jiwa termasuk di Balikpapan.

Selain menimbulkan korban jiwa, wabah ini juga akhirnya memberikan dampak negatif pada perekonomian warga Balikpapan. Hal tersebut membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mengambil langkah kebijakan memberikan subsidi pembayaran rekening PDAM bagi 82.321 pelanggan rumah tangga selama 3 bulan. Dengan maksud mengurangi beban masyarakat akibat dampak dari penyebaran Virus Corona.

Langkah Pemkot Balikpapan ini kemudian diapresiasi anggota DPRD Kota Balikpapan Taufikqulrahman dari Komisi III. Ia mengucapkan terima kasih terkhusus kepada Wali kota dan Direktur Utama PDAM yang telah memberikan subsidi pembayaran pemakaian air PDAM sebanyak 10m3 per bulan, selama 3 bulan. Terhitung pemakaian mulai bulan Maret, April, dan Mei.

“Saya berharap jangan hanya 80 ribu lebih pelanggan saja yang diberi bantuan subsidi, tetapi seluruh pelanggan PDAM yang ada di Kota Balikpapan juga diberikan bantuan berupa subsidi 10m3. Terkecuali hotel, mall, pasar modern dan rumah kos itu harus diwajibkan bayar full,” kata Taufik di ruang kerjanya, Rabu (8/4/2020).

Taufik juga mengatakan, pada dasarnya dengan adanya musibah wabah Virus Corona atau Covid -19 yang melanda Kota Balikpapan, ia berharap kepada Pemkot Balikpapan, apa saja yang bisa dibantu untuk masyarakat khususnya masyarakat kecil, masyarakat menegah, agar segera bisa  dibantu secepatnya. Mengingat dampak virus ini sangat besar terhadap masyarakat.

“Saya meminta kepada pemerintah kota agar bisa menggratiskan secara full, tapi kita tetap bersyukur bahwa Wali Kota telah memberikan kompensasi berupa subsidi kepada 82.321 pelanggan dari 140 ribu lebih yang ada di kota Balikpapan, mudah-mudahan Pemkot Balikpapan bisa mensubsidi semua pelanggan yang ada di Balikpapan,” sebutnya.

Iapun menghimbau masyarakat Balikpapan, dalam memberantas serta memutus mata rantai Virus Corona yang melanda Kota Balikpapan, untuk mengikuti himbauan pemerintah kota agar tetap berada di rumah dengan mengurangi kegiatan atau aktivitas di luar rumah yang tidak terlalu penting, rajin mencuci tangan, menerapkan pola hidup sehat, dan menggunakan masker.

“Mari kita sama-sama bahu membahu memberantas virus yang sangat membahayakan ini,” tandasnya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.