Anggota DPRD Jadi Narasumber Pembentukan Kampung Siaga Covid 19

Taufik : Berfungsi Untuk Saling Berkoordinasi

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Pemerintah Kota Balikpapan membentuk Kampung Siaga Covid 19 di setiap kelurahan sebagai upaya memutus penyebaran Virus Corona, dengan melakukan pendataan terhadap  masyarakat yang keluar masuk Balikpapan ke setiap lingkungan Rukun Tetangga (RT).

Dalam pembentukan Kampung Siaga yang ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) tersebut, di Kelurahan Baru Ilir, Balikpapan Barat, anggota DPRD Balikpapan Taufiqulrahman menjadi narasumber, Sabtu (5/4/2020).

Terhadap pembentukan Kampung Siaga itu Taufik mengatakan menyambut baik, menurutnya sangat bagus guna memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 di masyarakat. Selain itu juga sebagai pengingat bagi masyarakat tentang bahayanya penyebaran Covid-19 yang begitu sangat cepat.

“Agar di setiap rumah wajib menyiapkan tempat untuk mencuci tangan, karena itu merupakan salah satu edukasi bagi masyarakat untuk pencegahan penyebaran Virus Corona yang mewabah di Kota Balikpapan saat ini,” ujarnya.

Taufik menjelaskan, Kampung Siaga Covid-19 nantinya berfungsi untuk saling berkoordinasi dalam mendata warga di setiap RT, yang masuk maupun keluar di lingkungan RT yang terindikasi terjangkit Virus Corona yang dibawa dari luar daerah.

RT setempat juga nantinya akan diberikan edukasi agar tidak panik dan segera melaporkan pada Satgas Covid-19 yang dibentuk kelurahan atau Puskesmas terdekat, sehingga dapat menjaga agar tidak terjadi kepanikan di masyarakat.

Taufik meminta agar masyarakat selalu waspada, dikarenakan saat ini penyebaran Virus Corona begitu sangat sensitif dan sulit terdeteksi siapa yang terjangkit Virus Covid-19.

“RT juga harus selalu menghimbau setiap warganya masing-masing agar menghindari jam malam, dan harus lebih sering melakukan interakasi di dalam rumah saja, serta melakukan perilaku hidup bersih setiap hari,” tutupnya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.