Peduli Warga Terdampak Covid 19, LLHPB Aisyiyah Kaltim Berikan Bantuan Sembako

Hurriyati : Kepedulian LHHPB Merupakan Panggilan Kemanusiaan

DETAKKaltim. Com, SAMARINDA : Semenjak  diumumkannya Virus Corona di Indonesia, dan dua pekan berlalu sejak kasus pertama positif Covid-19 di Kalimantan Timur, memberikan dampak yang luar biasa. Dunia pendidikan terpaksa meliburkan sekolah atau pertemuan tatap muka digantikan pembelajaran melalui media online.

Wajah perekonomian terutama usaha kecil menampakkan kelesuan. Wong cilik, pedagang kecil, pedagang pasar, tukang ojek, dan pekerja harian sangat merasakan akibatnya.

Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Kalimantan Timur, merupakan salah satu lembaga yang bergerak cepat ketika terjadi bencana baik lokal maupun nasional.

Demikian pula melihat kondisi saat ini, pihaknya langsung mengadakan aksi dengan tema besar peduli fakir miskin dan dhuafa menghadapi lockdown Covid-19.

Hajjah Siti Maryam Ketua LLHPB Kalimantan Timur mengatakan, pihaknya ikut merasakan kondisi sulit sebagian warga binaan dan masyarakat sekitar akibat wabah Covid-19 tersebut.

“Kami ikut merasakan kondisi sulit sebagian warga binaan kami dan masyarakat sekitar.  Sehingga kami sebagai salah satu lembaga dalam organisasi Aisyiyah dan bersinggungan langsung dengan program kerja, merasa wajib hadir dalam mengurangi dampak sosial karena wabah Corona ini,” ujarnya.

Tambahnya, penggalangan donasi berupa uang tunai dan bahan pokok Sembako menjadi prioritas program.

Sementara itu Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Kalimantan Timur Hajjah Noor Hurriyati dalam komunikasi melalui sambungan telepon mengungkapkan, kepedulian LHHPB merupakan panggilan kemanusiaan.

“Kepedulian LHHPB merupakan panggilan kemanusiaan, keprihatinan kondisi terutama dampak ekonomi. LHHPB melakukan kegiatan dengan bersinergi antar majelis, sebagaimana dengan Majelis Kesejahteraan Sosial dan Majelis Kesehatan. Demikian pula membangun sinergi dengan pihak lain seperti Muhammadiyah Covid 19 Command Center,” ujarnya

Dalam pantauan di lapangan, Kamis (2/4/2020) nampak LHHPB bersama Majelis Kesejahteraan Sosial memberikan puluhan paket Sembako secara simbolis kepada warga binaan dan ojek online. Sebelumnya juga terlihat melalui kerja sama dengan Majelis Kesehatan menyalurkan tambahan nutrisi untuk salah satu rumah sakit di Samarinda berupa vitamin, susu, dan masker.

Sementara itu Koordinator Satuan Tugas Jaring Pengaman Sosial  yang sekaligus Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Samarinda Utara Taufik Rahman, sesaat setelah bertemu dan menerima bahan Sembako untuk disalurkan dari LLHPB mengatakan, LHHPB menjadi salah satu mitra kerja kemanusian dalam mengurangi dampak wabah Corona saat ini, pihaknya merencanakan kegiatan bersama terutama jelang Ramadhan dan jelang lebaran.

“Pekan depan kegiatan akan mulai dijalankan, yaitu dapur umum di dua titik dengan model pemberdayaan dan paket ketahanan pangan berupa santunan bahan pokok untuk fakir miskin,” ujarnya. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.