Awas Virus Corona, Ketua IJTI Kaltim Himbau Jurnalis Jaga Kesehatan

Amir : Selalu Gunakan Pengaman Diri Saat Liputan

DETAKKaltim. Com, SAMARINDA : Wabah Virus Corona (Covid-19) terus menyebar di berbagai daerah, di Kalimantan Timur pasien yang positif terjangkit Covid-19 bertambah menjadi 9 orang, dengan rincian 6 di Balikpapan, 2 di Tenggarong Kutai Kartanegara dan 1 di Samarinda.

Hingga saat ini pemerintah terus mengantisipasi penyebaran Covid-19 itu dengan cara membatasi kegiatan-kegiatan yang mendatangkan massa yang lebih banyak, masyarakat juga dihimbau agar tetap menjaga kesehatan.

Begitu pula pekerja pers, khususnya Jurnalis Televisi yang bertugas di lapangan agar tetap menjaga keselamatan diri supaya terhindar dari wabah tersebut. Pengurus Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Provinsi Kalimantan Timur Amir Hamzah menghimbau, kepada para pekerja pers untuk tetap menjaga kesehatan dan selalu menggunakan pengaman diri saat melakukan liputan.

“Teman-teman pers, bertemu banyak orang tiap harinya, saya himbau kepada teman-teman, baik wartawan Televisi, Radio, Cetak dan Online agar tetap menjaga kesehatan dan selalu menggunakan pengaman saat berada di lapangan,” ujar Amir Hamzah, Sabtu (21/2/2020).

Lebih lanjut Amir Hamzah mengatakan, jurnalis harus memetakan wilayah yang berpotensi menjadi tempat penularan Covid-19, sehingga dapat dilakukan tindakan antisipasi penularan virus tersebut secara maksimal.

“Jurnalis harus memetakan wilayah-wilayah yang rawan, jika kondisi tidak memungkinkan mintalah rilis melalui video wawancara dari pejabat berwenang,” imbuhnya.

Himbauan tersebut diharapkan dapat memperkecil resiko tertularnya Virus Corona bagi jurnalis, yang melakukan peliputan mengenai perkembangan Virus Corona. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.