Satu Minggu di Balikpapan, BI Sosialisasi QRIS

Bimo : Keamanan dan Kenyamanan Terjamin

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Bank Indonesia menyelenggarakan Sosialisasi, Edukasi dan on Boarding Merchant Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang berlangsung selama 1 minggu di Pasar Segar Balikpapan.

“Acara yang sedang berlangsung ini merupakan bagian dari Pekan QRIS Nasional 2020 yang diadakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, acara ini sudah berlangsung selama satu minggu,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bimo Epianto, Jum’at (13/3/2020).

Untuk acara di hari Sabtu malam minggu, kata Bimo, khusus ditujukan untuk merchan yang menjadi nasabah dari penyedia jasa sistem bayaran. Baik itu Bank maupun non Bank supaya merchan-merchan ini semakin mudah dan makin bisa menerima QRIS, sehingga mengubah pembayaran QR code yang sebelumnya mengikuti standar sesuai dengan QRIS.

“Masyarkat bisa mengajukan aplikasi QRIS kepada Bank yang sudah dituju atau yang diinginkan. Jika untuk diubah atau distandarisasi yang sesuai QR code yang dimiliki, menjadi standar yang sesuai dengan QRIS,” imbuhnya.

Kegiatan ini adalah program Bank Indonesia khusus pada hari Sabtu untuk merchan-nya. Namun di beberapa kesempatan diberikan edukasi berupa pengalaman menggunakan QRIS ini kepada masyarakat. Sebelum sudah diselenggarakan di Pasar Baru dan di beberapa lembaga pendidikan.

Lounching QRIS ini dilakukan bertepatan dengan ulang tahun kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 2019, ditetapkan secara resmi implementasinya per 1 Januari 2020.

Disebutkan, QRIS ini masih dalam tahap awal, masih perlu pembelajaran-pembelajaran baik bagi masyarakatnya ataupun dari marchannya. Pihak BI juga semakin meningkatkan aspek kehati-hatian sehingga pada tahap awal ini dibatasi sekali transaksi Rp2 Juta.

Program aplikasi ini berkaitan dengan teknologi digital, erat kaitannya dengan penggunaan Ponsel dan ada beberapa pihak yang terlibat karena berkaitan dengan sistem pembayaran. Otoritas pembayaran sangat berkepentingan dalam keamanannya. Sampai saat ini pihak BI sangat optimis bahwa tingkat keamanannya terjamin dari sistem pembayarannya, dan juga didukung sistem keamanan dari teknologi komunikasinya

“Pastinya keamanan dan kenyamanan terjamin dengan baik,” tandasnya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.