Turnamen Sepak Bola Usia Dini Barkati Cup 2020

Barkati : Akan Terus Digelar Tiap Tahunnya

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Turnamen Sepak Bola usia dini U10 dan U12 bertajuk Barkati Cup 2020 bergulir di Kawasan Lapangan Lempake Kecamatan Samarinda Utara pada 22-23 Februari 2020. Ajang pencarian bibit pemain bola berbakat yang memasuki tahun pertama ini diikuti 12 tim dari Samarinda.

Di tahun pertama ini jumlah peserta yang mengikuti turnamen Barkati Cup 2020 usia dini 10 Tahun dan 12 Tahun ini bisa dibilang sukses, pasalnya banyak sekolah Sepak Bola atau SSB dari Samarinda maupun luar Samarinda yang mendaftar, namun panitia hanya mencari 16 Tim yang dibagi menjadi 2.

Ketua penyelenggara sekaligus ketua Tim Sahabat Barkati H Suriansyah atau biasa dipanggil Sasa mengatakan, diselenggarakannya turnamen Sepak Bola usia dini Barkati Cup 2020 yang pertama ini untuk mencari bibit muda pesepak bola usia dini.

“Digelarnya turnamen ini untuk pencarian bakat bibit pesepak bola usia dini yang ada di Samarinda, dengan harapan bisa mengharumkan nama Samarinda kedepannya,” harap Sasa

Untuk usia 10 tahun sendiri terdiri dari tim SSB RMK Utama Lempake, Academy RMK Utama, SSB Putra LBK, GMK Tepian KA, SSB Samkot, SSB Nahusam, SSB MJA dan Academy Harbi.

Sementara itu peserta Usia 12 Tahun terdiri dari Tim SSB RMK Utama Lempake, Academy RMK Utama, SSB Putra LBK, GMK Tepian KA, SSB Samkot, SSB Nahusam, SSB MJA dan Academy Harbi.

Camat Samarinda Utara Syamsu Alam yang ikut hadir menyaksikan anak usia dini bertanding dalam turnamen usia dini Barkati Cup 2020 berharap, kegiatan ini terus dilakukan supaya anak-anak terhindar dari pergaulan bebas.

“Kami akan selalu support kepada anak-anak usia dini dalam mengembangkan hobinya bermain Sepak Bola, hal ini supaya anak-anak penerus bangsa bisa terhindar dengan pergaulan bebas,” terang Syamsu Alam.

Dalam turnamen ini semua tim saling bertemu dengan sistem poin. 4 tim teratas akan maju ke babak semi final, dan 2 tim yang menang akan lolos ke babak final.

SSB Nahusam usia 10 tahun dan usia 12 tahun berhasil menjadi juara dalam turnamen ini. SSB Nahusam berhasil kawinkan gelar dengan kemenangan dramatis.

SSB Nahusam usia 10 tahun menang lewat adu pinalti dengan lawannya SSB MJA. Untuk juara 3 dan 4 diperolah SSB Putra LBK dan Academy Harbi

Sementara itu di Usia 12 Tahun SSB Nahusam yang bertemu SSB Samkot menang telak dengan skor 4 – 1 sekaligus menjadi juara. Untuk juara 3 dan 4 diperoleh Academy Harbi dan GMK Tepian KA.

Wakil Wali kota Samarinda Muhammad Barkati yang juga mencalonkan diri sebagai Calon Walikota Samarinda periode 2020 – 2025 dalam sambutannya mengatakan, senang melihat bakat-bakat pesepak bola usia dini. Tidak kalah dengan pemain dewasa, anak-anak usia dini terlihat skill dan pergerakannya yang terus berjuang memenangkan pertandingan.

“Kedepan kami akan terus membina bakat pesepak bola usia dini di Samarinda supaya menjadi pemain profesional, ia juga berterima kasih kepada orang tua yang sudah mengantarkan dan mendidik anaknya untuk mengikuti turnamen Sepak bola usia dini Barkati Cup 2020,” ungkap Barkati.

Turnamen Sepak Bola usia dini Barkati Cup 2020 akan terus digelar tiap tahunnya. Supaya anak-anak usia dini yang punya bakat bisa disalurkan dalam turnamen ini.

M Barkati menambahkan, ke depan turnamen ini akan terus digelar dan di tingkatkan. Dari peserta 16 Tim di usia 10 tahun dan 12 tahun bisa bertambah lagi pada tahun berikutnya dengan turnamen yang sama.

“Turnamen Sepak Bola usia dini Barkati Cup akan terus digelar tiap tahunnya, ia berharap peserta akan terus bertambah di tahun berikutnya,” tambah Barkati.

Turnamen yang berlangsung 2 hari ini menjadi hiburan bagi warga Lempake Kecamatan Samarinda Utara. Warga antusias menonton tiap pertandingannya, karena bagi warga ini adalah salah satu hiburan yang ditunggu-tunggu di wilayahnya. (DK.Com/***)

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.