Sambut IKN 2024, Kadis Kominfo Mempertanyakan Kesiapan Media Siber Lokal

Diddy : Kalau Masih Melakukan Hoax Itu Bukan Wartawan

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Diddy Rusdianysah, Kadis Kominfo Kaltim menyita perhatian peserta diskusi dalam acara syukuran HUT Ke-4 DETAKKaltim.Com di Café Antara Jalan Dahlia, Samarinda, Sabtu (22/2/2020) pagi.

Dalam acara yang didominasi kehadiran wartawan dari berbagai media siber tersebut, Diddy menyebutkan bagi Kominfo, goal (tujuan) besar media siber adalah kesetaraan dengan media cetak.

“Kami tidak membedakan media cetak dan media siber, terakhir ada kebijakan lembaga penyiranpun menjadi perhatian kami juga,” kata Diddy.

Yang jadi pertanyaan, kata Diddy lebih lanjut, media nasional mulai siap-siap masuk ke Kaltim seraya menyebutkan salah satu media nasional yang telah datang menemuinya. Lalu bagaimana kesiapan media lokal yang ada di Kaltim. Untuk itu, pihak Kominfo Kaltim telah mengambil sejumlah langkah yang dimulai dengan Organisasi PWI Kaltim melalui Uji Kompentensi Wartawan.

“Sementara ini kita baru dengan PWI, bukan berarti kami tidak mau kerja sama dengan AJI atau dengan IJTI. Tidak ada niat untuk itu, hanya semata-mata dengan PWI ini banyak hal yang harus kita tuntaskan dulu. Permasalahan UKW, itu permasalahan paling prinsip,” jelas Diddy.

Hal lain adalah masalah media yang terverifikasi oleh Dewan Pers, menurutnya minimal harus ada 5 media yang terverifikasi di Kaltim pada tahap awal sebagai bench mark (tolok ukur). Saat inipun Kominfo telah menetapkan 5 media tersebut, yang ditetapkan secara internal.

“Insya Allah di 2020 ini, kami sudah bertekad paling tidak di Kalimantan Timur ada lima yang sudah terverifikasi,” kata Diddy lebih lanjut.

HUT Ke-4 DETAKKaltim.Com Berlangsung Sederhana, Bahas Isu Lingkungan

Ke depan, Kominfo Kaltim, kata Diddy akan menjalin kerja sama dengan 17 media siber. Dalam catatan DETAKKaltim.Com, program ini telah laksanakan tahun 2019, dalam rangka mendiseminasi informasi Organiasisi Perangkat Daerah (OPD) di Kaltim dengan melibatkan sekitar 10 media.

Diddy juga menyampaikan, jika tidak ada permasalahan secara kebijakan, peran pengelolaan media beralih ke Kominfo. Akan ada 3 media yang masuk kewenangan Diskominfo, masing-masing media siber, cetak, dan lembaga penyiaran.  (DK.Com)

Penulis : LVL

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.