Gelar Mini Soccer dengan Awak Media, KPU Balikpapan Tekankan Netralitas

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menggelar pertandingan Mini Soccer bersama Bawaslu, Media Partner Balikpapan, sekaligus Konferensi Pers dalam rangka Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020, Selasa (10/12/2019).

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha menyampaikan dalam Konferensi Pers sangat berterima kasih kepada media dan Bawaslu, yang sudah mengikuti laga persahabatan Mini Soccer ini.

“Pilkada ini adalah event besarnya KPU Kota Balikpapan,” kata Noor Thoha dalam sesi Konfrensi Pers.

Ada beberapa hal yang disampaikan terkait dengan tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan. Penyelenggara Pemilu wajib netral, maka diharapkan kepada semua yang bekerja sama dengan KPU juga harus netral.

“Media juga harus netral dalam memberitakan,” kata Noor Thoha lebih lanjut.

Ditambahkan, terkait tahapan sudah diatur dalam PKPU Nomor 15 dan yang terakhir diubah di PKPU Nomor 16. Ada hal yang prinsip yang terkait  perubahan pertama dengan pembentukan ad hoc (PPK,PPS,KPPS), PPK dibentuk dulu setelah itu PPS.

“Tetapi PKPU yang baru serentak dipilih, diwawancarai, dilantik secara bersama menjadi satu,” imbuhnya.

Untuk KPPS itu menjelang hari H satu bulan, untuk masa kerja PPK dan PPS 9 bulan dengan honor yang diperjuangkan naik dari yang sebelumnya.

Tahapan penyerahan dukungan dari bakal calon perseorangan kepada KPU tanggal 16 Februari sampai 20 Februari 2020. Dibuka dari hari pertama jam 8 pagi sampai jam 4 sore, untuk yang 4 hari kerja dan yang terakhir dibuka dari jam 8 pagi sampai jam 00 tengah malam. Untuk penetapannya di bulan Juli tanggal 8.

“Calon perseorangan yang menyerahkan dukungan ke KPU adalah bagian dari upaya untuk mendapatkan tiket, supaya bisa mendaftarkan diri sebagai bakal calon yang sudah memenuni syarat dukungan minimal,” tandasnya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.