Bahas Jembatan Mahakam, Komisi III DPRD Sambangi Direktorat KPLP

DPRD Kaltim

DETAKKaltim.Com,SAMARINDA : Komisi III DPRD Kaltim menyambangi Kementerian Perhubungan RI Dirjen Perhubungan Laut di Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Kunjungan tersebut terkait pembahasan tentang penabrakan Jembatan Mahakam oleh kapal-kapal Ponton pembawa Batubara yang sudah 16 kali terjadi.

Setelah peristiwa tertabraknya Fender Jembatan Mahakam oleh Kapal Tongkang Batubara pada Minggu 17/11/2019, DPRD Kaltim melalui Komisi III  sudah mengundang berbagai pihak dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), untuk mengetahui kondisi jembatan dan sanksi pelanggar sekaligus mempertanyakan ranah kebijakan tentang perizinan layar kapal.

“Kita sudah RDP dengan berbagai pihak yang membidangi, PUPR Kaltim, Pelindo IV, BPJN Balikpapan,” kata Ketua Komisi III Hasanuddi Mas’ud, Jum’at (6/12/2019).

Mengaku tidak puas dengan hasil RDP pada pihak terkait, Komisi III perlu untuk bertemu dengan pihak Kementerian Perhubungan guna mempertanyakan kelanjutan kasus tersebut.

Dikatakan Hasanuddin, setibanya rombongan Komisi III yang dihadiri juga Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo di kantor KPLP Jakarta, pihaknya langsung disambut Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad.

“Kami sudah menghadap KPLP, dan mempertanyakan langsung tentang sanksi bagi pelanggar. Dan ini sudah akan ditangani oleh Kementerian. Mengenai hasilnya nanti, semua pihak akan dipanggil kembali untuk bertanggung jawab terkait masalah tersebut,” kata Hasan.

Begitu juga disampaikan Ananda Emira selaku Anggota Komisis III yang turut hadir pada kunjungan tersebut, bahwa kasus penabrakan yang telah 16 kali terjadi ini, harus dari sekarang diawasi dan di kawal.

“Proses pelanggaran ini bisa jadi akan dilanjutkan ke dalam ranah hukum,” kata Nanda, Senin (9/12/2019). (DK.Com)

Penulis : Nina

Editor   : Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.