TMMD Ke-106, Satgas Penyuluhan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

DETAKKaltim.Com, MALINAU : Pelaksanaan kegiatan fisik maupun non fisik pada TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Wiltas Ke-106 2019 Kodim 0910/Malinau, di Desa Long Bisai dan Desa Respen Tubu, Kecamatan Mentarang, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada TMMD di Wilayah Kodim 0910/Malinau kali ini, melibatkan sejumlah sekolah dalam pelaksanaannya, salah satunya adalah SMAN 8 Malinau yang dilibatkan dalam penyuluhan peningkatan kesadaran berbangsa dan bernegara, Selasa (22/10/2019).

Kegiatan yang berlangsung di Aula SMAN 8 Malinau dihadiri anggota Staf Pers Kodim 0910/Malinau Lettu Inf Mappasila, selaku pemateri kesadaran  berbangsa dan bernegara.

Di hadapan 80 Siswa-Siswi peserta penyuluhan, Lettu Mappasila menjelaskan tentang sejarah Indonesia dari masa ke masa, mulai Kerajaan Sriwijaya hingga masa Kerajaan Majapahit yang pernah mencapai puncak keemasan pada masa Pemerintahan Raja Hayam Wuruk dan Maha Patih Gajah Mada.

Dijelaskan pula sejarah masa penjajahan, Kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda, perang merebut kemerdekaan  hingga masa setelah Indonesia Merdeka.

“Perjuangan para pendiri negeri ini harus kita hormati, jangan sampai sia-sia,” tegasnya.

Di akhir materinya, Pasi Pers  mengajak Siswa-Siswi untuk lebih mengerti, memahami dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila demi tetap tegaknya NKRI yang kita cintai bersama. (***/LVL)

Sumber : Pendam VI/Mlw

Baca juga:  TMMD Ke-105 Kodim 0901/Smd, Satgas Tetap Bekerja Meski Hari Minggu

Leave A Reply

Your email address will not be published.