Anggota DPRD Ikut Orientasi, Kantor DPRD Provinsi Kaltim Kosong

DPRD Kaltim

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : 55 anggota DPRD Kaltim bertolak ke Jakarta untuk mengikuti pembekalan/orientasi bagi anggota DPRD Provinsi yang dilaksanakan hari ini, Senin (7/10/2019).

Keberangkatan para wakil rakyat tersebut didasarkan pada surat dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan Nomor : 895.3/8374/BPSDM yang bersifat segera.

Disampaikan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kaltim M Ramadhan, kegiatan orientasi tersebut memang sangat penting karena merupakan pembekalan dan pelatihan kerja bagi para anggota Dewan, khususnya anggota Dewan wajah baru.

“Jadi sebelum seluruh anggota Dewan ini bekerja untuk melaksanakan tugasnya, memang sudah seharusnya diberikan pelatihan serta pembekalan untuk memahami Tupoksi kerja masing masing nantinya. Apa lagi ini kan banyak anggota Dewan yang baru. Jadi pembekalan ini sangat perlu,” kata  Ramadhan saat ditemui DETAKKaltim.Com di ruangan kerjanya.

Surat Kemendagri tersebut berisikan 7 poin yang menjadi inti dalam kegiatan orientasi anggota Dewan. Dikutip dari suratnya, yaitu pertama, penjelasan fungsi kegiatan orientasi bagi anggota Dewan yang merupakan suatu proses pengenalan mengenai pelaksanaan tugas dan fungsi anggota DPRD, sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah, juga dianggap bertujuan menanamkan semangat pengabdian kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 30 jam itu akan diisi dengan materi mengenai, Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, Wawasan kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Internalisasi Integritas, Sistem Pemerintahan Indonesia, Pembangunan Daerah dan Pengelolaan Keuangan Daerah, Hubungan Kerja Antara DPRD dan Kepala Daerah, Fungsi Tugas dan Wewenang Serta Hak dan Kewajiban DPRD, juga materi terahir ialah mengenai isu-isu aktual. (N1N)

Leave A Reply

Your email address will not be published.