Sukseskan TMMD Ke-106, Mabes TNI AD Gelar Vicon Serentak Rakornis

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Dalam rangka mensukseskan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-106, Mabes TNI AD menggelar Video Conference (Vicon) serentak Rakornis TMMD Ke-106 yang diikuti oleh seluruh jajaran Kodam dan berbagai pihak terkait lainnya.

Pada pelaksanaan Rakornis TMMD Ke-106 di Kodam VI/Mlw, Vicon digelar di ruang Yudha yang dipimpin langsung Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Richard Tampubolon. Kamis (12/9/2019).

Dalam Vicon tersebut juga disaksikan Aster Kasdam VI/Mlw Kolonel Inf Jonas Sasmita, serta para pejabat Kodam VI/Mlw lainnya, Para Dansatgas TMMD Ke- 106 serta para pejabat Bupati yang menjadi wilayah pelaksanaan TMMD Ke-106 yaitu Kabupaten Berau, Kapubaten Nunukan, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tapin.

Dalam Rakornis TMMD Ke-106 Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar dalam sambutannya yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri LHK Hubungan antar lembaga RI Winarni menyampaikan, TMMD merupakan wujud nyata peran penting TNI sebagai kekuatan negara dalam bakti TNI khususnya TNI AD untuk NKRI.

“Berbagai kerjasama TNI dan Kementerian LHK telah dilaksanakan dalam rangka melestarikan hutan seperti reboisasi, rehabilitasi dan revitalisasi hutan,” ujar Winarni.

Dihadapkan dengan kondisi alam, sumber daya hutan, lahan dan lingkungan yang ada di Indonesia maka tatakelola dalam upaya melestarikan lingkungan dan hutan tidak hanya dilakukan secara sektoral saja.

“Oleh karena itu dalam upaya pelestarian lingkungan dan hutan diperlukan pendekatan holistik di seluruh sektor, dan pihak-pihak terkait lainnya baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat,” sambung Winarni.

Aster Kasad Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari dalam sambutannya menyampaikan, dalam pelaksanaan TMMD Ke-106, inspirasi dalam menggalang masyarakat dengan pendekatan-pendekatan yang humanis harus dikedepankan. Para Dandim selaku Dansatgas TMMD Ke-106 termasuk para Kapendam dapat saling bersinergi, baik dengan pemerintah setempat dan Komando Atas.

“Diharapkan agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, seperti berkaitan dengan dokumentasi dan publikasi pemberitaan maupun dalam pelaksanaan TMMD Ke-106,” ujar Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari.

Pada Rakornis tersebut juga dilaksanakan penyerahan hadiah lomba jurnalistik TMMD Ke-105 yang diserahkan langsung oleh staf ahli Menteri LHK didampingi Aster Kasad Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari.

“Pelaksanaan TMMD Ke-106 mencakup kegiatan fisik dan non fisik. Untuk fisik seperti kegiatan pembangunan akses jalan, jembatan, mushola dan lainnya,”  kata Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Richard Tampubolon dalam wawancaranya pada awak media usai Vicon.

Sedangkan untuk non fisik, kata Kasdam lebih lanjut, dalam pelaksanaan kegiatan agar mengedepankan juga pemberdayaan kelembagaan melalui RT, RW ataupun Karang Taruna untuk turut serta mensosialisakan dan terlibat dalam kegiatan agama, gotong royong, maupun kegiatan lainnya.  (Sigit/Pen).

Leave A Reply

Your email address will not be published.