Walikota Samarinda Buka TMMD Ke-105, Danrem : Mempercepat Proses Pembangunan

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-105 Tahun Anggaran 2019 wilayah Kodim 0901/Smd diawali dengan apel gabungan Pasukan TNI, Polri, Ormas dan relawan, Selasa (9/7/2019) pagi.

Bertindak selaku inspektur upacara  yang dipusatkan di Lapangan Alba, Kelurahan Loa Bakung, Kecamatan Sungai Kunjang, adalah Walikota Samarinda Haji Syaharie Jaang yang dihadiri Danrem 091/ ASN, Komandan Kodim 0901/Smd, sejumlah SKPD dan undangan lainnya. Upacara diisi dengan pemeriksaan barisan, dan penyematan tanda peserta TMMD.

“Kegiatan TMMD Ke-105 merupakan upaya TNI membantu pemerintahan dalam memberdayakan potensi wilayah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Walikota dalam sambutannya.

Menurutnya, program TMMD ini sangat membantu tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan kepada masyarakat.

Sedangkan Danrem 091/ASN Brigjen TNI Widi Prasetijono dalam sambutannya mengatakan, TNI sekarang ini menyatu dengan Kepolisian dan masyarakat.

“Terpenting itu adanya TMMD ini membantu mempercepat proses pembangunan. Dalam hal ini, saya sudah memerintahkan jajaran diupayakan pada daerah yang lebih berat. Sehingga hasilnya bisa dirasakan masyarakat dan mengapresiasi kinerja TNI,” jelas Danrem.

Kegiatan pembukaan TMMD ini juga diisi dengan kegiatan bhakti sosial, mulai pasar murah, sunnatan massal, hingga pemeriksaan kesehatan gratis. Kodim 0901/Smd menyediakan 300 paket Sembako murah dengan harga Rp30 Ribu kepada masyarakat.

Dalam kegiatan TMMD ini sebanyak 150 anggota TNI dibantu warga membangun jalan sepanjang 1 Km dengan lebar 7 meter dengan kondisi rawa-rawa. Selain itu, juga ada perbaikan Langgar, Musholla, dan 2 Pos Kamling.

Berita terkait : Pra TMMD Ke-105, Kodim 0901/Smd Lanjutkan Pasang Batu Pondasi Badan Jalan

“Saat ini sudah empat puluh persen selesai, target satu bulan selesai,” jelas Komandan Kodim 0901/Smd Letkol Inf M Bahrodin.

Ia juga menjelaskan, kendala terberat yang dihadapi adalah medan dan cuaca. Banyak curah hujan sehingga berpengaruh, namun beberapa hari ini ia menyebutkan cuaca bagus.

“Permasalahan alat berat dan bahan bangunan tidak ada kendala,” tandasnya. (LVL)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.