Pagi-Pagi Samarinda Diamuk Api, Puluhan Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Asap hitam membumbung ke angkasa saat api mulai berkobar. (foto : 1st)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Kebakaran melanda kawasan padat penduduk di Jalan Jelawan, Gang 9, RT 04, Kelurahan Sidomulyo, Samarinda Ilir, Sabtu (18/5/2019) sekitar Pukul 06:45 Wita.

Akibat dari kejadian tersebut, dikutip dari Group WA Info Warga Samarinda, menurut Muhammad Maulana dari Relawan Pemadam Kebakaran PSR 13, berdasarkan data sementara dari TRC Tagana Kota Samarinda yang dikelola Dani Wahyudi Arisandi diketahui 1 rumah tunggal, 3 rumah bangsal 6 pintu, 1 sewaan 5 pintu hangus terbakar. Kerugian materil mencapai ratusan juta rupiah.

Meski tidak ada korban jiwa, namun akibat kejadian naas tersebut setidaknya 16 Kepala Keluarga dari 48 jiwa harus kehilangan tempat tinggal. Penyebab kebakaran diduga akibat konsleting aliran listrik di rumah Suwito yang menjadi asal mula api.

Bangunan yang terbuat dari kayu menjadi kendala pemadam kebakaran dalam memadamkan kobaran api, sehingga meski ada 10 unit pemadam kebakaran Kota Samarinda dan puluhan relawan gabungan yang diturunkan namun api baru bisa diatasi lebih satu jam kemudian.

“Api dapat dipadamkan sekitar Pukul 08:00 Wita,” kata Muhammad Maulana.

Sejumlah unsur turun ke lokasi kejadian bahu membahu mengatasi kebakaran ini, di antaranya Polsek Samarinda Ilir, Tagana Kota Samarinda, PMI, Relawan Gabungan, LSM Pelik Gabungan Kota Samarinda, dan Damkar Kota Samarinda. (LVL)

Leave A Reply

Your email address will not be published.