10 Karung Logistik Tiba di KPU Kaltim, Penuhi Kekurangan di 5 Kabupaten/Kota

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : 10 karung logistik diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur, Senin (15/4/2019).

Logistik Pemilu berupa surat suara tersebut merupakan kekurangan logistik Pemilu 2019 dari KPU Pusat, tiba di Sekretariat KPU Kaltim Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Kalimantan Timur, sekitar pukul 13.30 Wita.

logistik tersebut tampak dibawa mobil dan dikawalan ketat aparat Kepolisian dan Bawaslu. Dari 10 karung tersebut, 4 karung bertuliskan Samarinda, 2  karung buat Kutai Barat, 2 karung lagi buati Kutai Kartanegara, dan masing-masing 1 karung untuk Kutai Timur serta Bontang.

Suardi, Komisioner KPU Kaltim mengatakan 10 karung logistik ini adalah surat suara penggantian kekurangan dan surat suara yang sebelumnya rusak.

“Ini yang baru datang untuk logistik Kukar, Bontang, Kutim, Kubar, dan Samarinda. Sedangkan Kabupaten/Kota lainnya sudah diambil di Balikpapan. Untuk Mahulu dan Berau juga sudah diterbangkan. Sisanya ini yang akan didistribusikan ke masing-masing daerah,” jelas Suardi kepada sejumlah awak media yang menuggu kedatagan surat suara tersebut.

Secara keseluruhan jumlah logistik yang tiba di KPU Kaltim ini sebanyak 7.133 lembar. Terdiri dari Kukar 1.037 lembar, Samarinda 3.464 lembar, Bontang 539 lembar, Kutim 751 lembar, dan Kubar 1.342 lembar.

Lebih lanjut Suardi mengataka, setelah tiba di KPU Kaltim logistik langsung didistribusikan ke Kabupaten/Kota menggunakan jalur darat. Sebelum diangkut terlebih dulu dilakukan serah terima kepada perwakilan KPU Kabupaten/Kota.

“Setelah siang ini, ada yang terbang untuk logistik DPTB. Jadi masih ada yang kita tunggu. Kita berusaha H-1 sudah selesai logistik ini,” sebut Suardi lebih lanjut.

Sejauh ini sebagian besar logistik sudah didistribusikan ke daerah, kata Suardi lebih lanjut, karena itu ia berharap masyarakat tidak perlu khawatir dengan logistik Pemilu.

Sebelumnya, Sekretaris KPU Kaltim Haji Syarifuddin Rusli mengatakan pihaknya sudah menyampaikan kepada KPU Kabupaten/Kota untuk mendistribusikan terlebih dahulu logistik yang rawan, jauh dari kota.

“Jadi satu hari sebelum hari H pun sudah dilaksanakan karena yang diantar hanya di dalam kota,” jelas Haji Syarifuddin saat ditemui di KPU Kaltim.

Kembali Haji Syarifuddin mengharapkan masyarakat Kalimantan Timur untuk datang ke TPS untuk menyalurkan suaranya. Ia berharap target partisipasi masyarakat pada Pemilu ini sebesar 77,5 persen dapat tercapai. (LVL)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.