Gubernur Hadiri Rakerkesda Pemprov Kaltim 2019

Isran : Rapat Ini Penting

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Kegiatan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Kaltim Tahun 2019 dilaksanakan di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, yang dihadiri Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor berjalan lancar, Selasa (5/3/2019).

Dalam Rakerkesda Provinsi Kaltim Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim Rini Retno Sukesi menyatakan, Rakerda ini adalah merupakan tindaklanjut Raker Kesehatan Nasional yang sudah dilaksanakan. Untuk tahun ini ada beberapa penekanan penting dari kegiatan yang harus dilakukan, terutama untuk meningkatkan kolaborasi antara Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, dalam penguatan pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta.

“Beberapa hal yang ditekankan di sini adalah, kita akan melakukan penyusunan rencana aksi daerah di masing-masing Kabupaten/Kota dalam pencegahan dan pengendalian penyakit, terutama penyakit tidak menular,” kata Rini.

Pada tahun 2018, kata Rini lebih lanjut, di Kalimantan Timur untuk penyakit tidak menular seperti Stroke menduduki urutan nomor satu di Indonesia, dan Hipertensi nomor dua, serta Diabetes menduduki urutan nomor tiga. 

Rakerkesda Provinsi Kaltim pada tahun ini bertujuan untuk tersusunnya rencana terpadu pembangunan kesehatan Provinsi Kaltim, juga untuk koordinasi dan sinergitas antara Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kaltim.

Terhadap kegiatan ini, Isran Noor mengatakan rapat ini penting dalam rangka memperbaiki kesehatan masyarakat Kaltim.

”Rapat ini penting menurut saya, karena ini menyangkut persoalan bagaimana memperbaiki dan membangun kesehatan masyarakat di Kaltim. Dan ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/kota, serta pihak-pihak swasta yang terkait,” kata Isran Noor. (Nita)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.